Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasar E-Lifestyle India Tumbuh Pesat Hingga 2028

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 09 Agustus 2024, 02:55 WIB
Pasar E-Lifestyle India Tumbuh Pesat Hingga 2028
Ilustrasi
rmol news logo Pasar e-lifestyle atau gaya hidup elektronik India diperkirakan tumbuh signifikan dari sekitar 17 miliar dolar AS pada tahun 2023 menjadi sekitar 45 miliar dolar AS pada tahun 2028. 

Ini antara lain temuan dari studi terbaru “E-Styling India: Decoding India’s Online Fashion and Lifestyle Shopping Trends” yang dirilis  Bain & Company dan Myntra.

Disebutkan dalam studi itu bahwa pertumbuhan gaya hidup elektronik ini dimungkinkan oleh meredanya tekanan inflasi jangka pendek, dikombinasikan dengan pergeseran permintaan yang struktural dan menguntungkan, seperti kenaikan pendapatan, pertumbuhan mode yang maju, basis pembeli Gen-Z asli digital serta peningkatan permintaan untuk produk terorganisasi/bermerek.

Daya tarik tambahan dari proposisi nilai pelanggan yang unggul berupa pilihan yang trendi, pengiriman yang lebih cepat, pengembalian yang lebih mudah, perjalanan pembelian yang didukung teknologi, penemuan yang didukung media sosial, dan akses omni.

Selanjutnya ini akan menjembatani ruang penetrasi yang besar versus pasar global seperti AS, Tiongkok, dan Jerman, yang berada pada penetrasi gaya hidup elektronik sebesar 35 persen, dan dengan demikian penetrasi gaya hidup elektronik di India akan tumbuh dari 13 persen menjadi 18 persen sampai 22 persen selama 2023–28.

“Pasar gaya hidup elektronik India telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, dengan basis pembeli yang beragam – 2 dari 3 pembeli daring berasal dari luar 50 kota teratas, 1 dari 2 berasal dari segmen non-kaya, dan 1 dari 3 adalah Gen-Z. Masih ada ruang penetrasi yang besar. 1 dari 5 dolar yang dihabiskan untuk gaya hidup akan dilakukan secara daring”, kata Shyam Unnikrishnan, Mitra di Bain & Company.

Saat ini, gaya hidup daring didominasi oleh mode, yang mencakup 75 persen pangsa pasar, dan aksesori serta pakaian wanita diperkirakan akan tumbuh lebih cepat daripada segmen mode lainnya.

Kecantikan dan perawatan pribadi (BPC) telah menjadi lebih umum dengan penetrasi 16 persen pada tahun 2023 dan diperkirakan akan tumbuh sedikit lebih cepat selama 5 tahun ke depan.

Tren menonjol lainnya yang didorong oleh platform daring adalah bangkitnya pasar mode yang mengutamakan tren di India. Dengan ragam pilihan yang luas dan siklus pembaruan yang lebih cepat, pasar daring yang mengutamakan tren ini diperkirakan akan tumbuh delapan kali lipat, mencapai 4 sampai 5 miliar dolar AS pada tahun 2028. Akibatnya, pangsa daring mode yang mengutamakan tren diproyeksikan akan meningkat menjadi 50 persen sampai 55 persen, naik dari 30 persen sampai 35 persen saat ini.

Pada tahun 2023, lebih dari 175 juta pelanggan di seluruh India berbelanja gaya hidup daring, bertransaksi rata-rata 6 sampai 7 kali per tahun. Bagi 40 persen sampai 45 persen pembeli e-commerce pertama kali, gaya hidup adalah pembelian pertama mereka, sehingga menjadi kategori gerbang utama untuk e-ritel.

Pembeli online ini mengunjungi lebih banyak platform dan mengunjunginya lebih sering; pembeli ini juga menyelesaikan pembelian dalam durasi yang lebih pendek. Pembeli yang sangat mengakar (didefinisikan sebagai mereka yang menghabiskan lebih dari Rs 50.000 per tahun di suatu platform), mengunjungi platform pilihan mereka setidaknya sekali sehari rata-rata, dan membeli lebih dari 25 kali per tahun dibandingkan rata-rata pasar 6-7.

Basis pembeli Gen-Z yang berjumlah 60 juta bertransaksi lebih sering tetapi menghabiskan lebih sedikit per pesanan. Penduduk asli digital yang mengikuti mode ini menguasai 25 persen pasar gaya hidup elektronik, dengan GMV gaya hidup elektronik senilai 4 miliar dolar AS.  rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA