Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Grup MIND ID Pamerkan Teknologi Pengelolaan Air Ramah Iklim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 08 Agustus 2024, 17:56 WIB
Grup MIND ID Pamerkan Teknologi Pengelolaan Air Ramah Iklim
MIND ID konsisten melakukan pengelolaan air secara berkelanjutan/Ist
rmol news logo Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi ramah iklim, termasuk konsisten menggunakan air secara bijak.

Corporate Secretary MIND ID, Heri Yusuf menyampaikan, air memiliki peranan penting dalam proses produksi maupun penunjang Grup MIND ID, sehingga memerlukan program pemanfaatan yang memastikan efisiensi air dengan baik.

Grup MIND ID pun konsisten berupaya mengurangi pengambilan air baru dari alam, meningkatkan pemanfaatan air dalam proses produksi maupun penunjang, serta memastikan kualitas air yang dialirkan sesuai dengan baku mutu yang berlaku.

"LIKE 2 Tahun 2024 merupakan momentum bagi kami semakin bijak dalam penggunaan air, serta melakukan pengelolaan air secara berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi yang ramah iklim," kata Heri Yusuf dalam momentum Festival LIKE 2 KLHK, Kamis (8/8).

Anak usaha MIND ID, seperti PT Antam memanfaatkan hasil pengolahan air limbah industri dan pertambangan ke dalam proses penambangan maupun pengolahan mineral di operasi mereka.

Kemudian PT Bukit Asam Tbk (PTBA), memanfaatkan bioteknologi dengan implementasi constructed wetland. Model floating wetland system tersebut menggunakan pipa paralon berisi akar wangi (vetiveria zizanioides) dan melati air (echinodorus palaefolius) yang mampu menyerap logam berat seperti Fe (0.52 ppm/gr) dan Mn (2.28 ppm/gr).

Sementara itu, PT Freeport Indonesia (PTFI) memiliki delapan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang dikelola sesuai peraturan pemerintah. Mutu air limbah dipantau berkala di antaranya parameter pH, kebutuhan oksigen biologi (BOD), total padatan tersuspensi serta minyak dan lemak, sesuai dengan baku mutu.

Adapun, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) mendorong implementasi teknologi dalam operasi Bendungan Sigura-gura dan Tangga yang merupakan sumber energi PLTA untuk operasi perusahaan.

Lewat implementasi teknologi maupun berbagai upaya konservasi, Inalum mempertahankan debit air untuk menjaga ekosistem wilayah sekitar Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba.

Selanjutnya, PT Timah Tbk (Timah) juga memanfaatkan hasil pengolahan air limbah industri dan pertambangan maupun air limbah domestik untuk dimanfaatkan kembali dalam proses penambangan maupun pengolahan mineral di daerah operasional.

Demikian pula, PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) memanfaatkan sumber daya air sebagai PLTA. Vale memiliki teknologi sensor level pengendali overflow lintas section di Matte Pond dan mampu memberi efisiensi 231.884 m3. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA