Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hilirisasi Nikel Bikin Indonesia jadi Salah Satu Produsen Stainless Steel Terbesar Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 31 Juli 2024, 07:28 WIB
Hilirisasi Nikel Bikin Indonesia jadi Salah Satu Produsen Stainless Steel Terbesar Dunia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Hilirisasi di sektor nikel memberikan dampak pada peningkatan ekonomi. 

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan peningkatannya bahkan hingga 10 kali lipat.

Hal itu dapat dilihat melalui keuntungan ekspor produk turunan nikel yang pada 2017 senilai 3,3 miliar dolar AS meningkat menjadi 33,5 miliar Dolar AS pada 2023.

Pada 2017-2018 ekspor nikel Indonesia tercatat 3,3 miliar Dolar AS. "Begitu kita setop, kemudian kita bangun industri, kita bangun hilirisasi, ekspor kita sekarang di 2023 sudah mencapai 33,5 miliar Dolar AS, 10 kali lipat naiknya," terang Bahlil, dikutip Rabu (31/7). 

Pengolahan bijih nikel (nickel ore) menjadi nikel sulfat memiliki nilai jual 11,4 kali lipat lebih tinggi. Sementara katoda memiliki nilai jual 37,5 kali lipat lebih tinggi dari bijih nikel, serta pengolahan bijih nikel menjadi sel baterai memiliki nilai jual lebih mahal 67,7 kali lipat.

Program hilirisasi nikel juga membuat Indonesia menjadi salah satu produsen baja nirkarat (stainless steel) terbesar di dunia, serta negara potensial dalam pengembangan investasi energi terbarukan, khususnya baterai kendaraan listrik.

"Bahan baku daripada mobil listrik itu adalah mangan, cobalt, lithium, dan nikel. Nikel di Indonesia Itu cadangannya 25 persen dari total nikel dunia," kata Bahlil. rmol news logo article

EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA