Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Indonesia dan Bank Sentral UEA Sepakat Perkuat Kerja Sama Pembayaran Bilateral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 19 Juli 2024, 12:44 WIB
Bank Indonesia dan Bank Sentral UEA Sepakat Perkuat Kerja Sama Pembayaran Bilateral
Kantor Bank Indonesia/RMOL
rmol news logo Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Uni Emirat Arab (CBUAE) sepakat memperkuat kerja sama bilateral dalam sistem pembayaran antar kedua negara.

Kesepakatan itu diresmikan melalui nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Gubernur BI, Perry Warjiyo dan Gubernur CBUAE, Khaled Mohamed Balama.

Adapun kerja sama tersebut merupakan hasil dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Uni Emirat Arab pada awal pekan ini, serta merupakan kelanjutan dari MoU kerja sama bilateral yang pernah ditandatangani pada November 2023 lalu.

Salah satu poin penting  dari kerja sama ini adalah penggunaan mata uang lokal melalui framework  Local Currency Transaction (LCT).

Penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral yang mulai diterapkan pada tahun 2024 ini diproyeksikan memiliki prospek yang sangat menjanjikan. 

Menurut Perry, membuka peluang dan kesempatan baru bagi kedua negara untuk mendukung kemajuan ekonomi.

"BI dan CBUAE akan melanjutkan kerja sama dengan semangat untuk mencapai tujuan bersama, terutama di bidang sistem pembayaran, guna mendukung kemajuan ekonomi kedua negara," kata Perry. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA