Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jumlah Investor Meningkat, BEI Aktif Lakukan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 26 Juni 2024, 16:35 WIB
Jumlah Investor Meningkat, BEI Aktif Lakukan Ini
Ilustrasi/Net
rmol news logo Meningkatnya jumlah investor pasar modal Indonesia hingga 13 juta Single Investor Identification (SID) pada 2024 ini terjadi berkat literasi keuangan masyarakat yang kian meningkat.

Tahun ini, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pertumbuhan 863 ribu SID baru, dan jumlah investor saham Indonesia mencapai 5,7 juta SID

Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, mengatakan pihaknya sendiri sejauh ini juga telah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya investasi, salah satunya dengan mendorong penggunaan IDX Mobile untuk meningkatkan literasi mengenai pasar modal Indonesia.

Saat ini, kata Jeffery, sebagian besar dari investor saham sudah memiliki aplikasi online trading.

“Tentu saja aplikasi tersebut memiliki kelengkapan dan kompleksitasnya masing-masing, mungkin ada yang kompleks tapi ada juga yang masih dasar, sehingga investor butuh informasi tambahan dengan mengunduh IDX Mobile,” kata Jeffrey,  dalam keterangan resminya, Rabu (26/6).

Lebih lanjut, sejumlah kegiatan edukasi dan promosi juga telah dilakukan dengan kolaborasi bersama OJK, dan juga  peluncuran Program Duta Pasar Modal pada tahun lalu.

Program yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan meningkatkan literasi keuangan itu diklaim telah berkontribusi dalam menyumbang pertumbuhan jumlah investor baru saham dan pasar modal Indonesia.

“Sejak pertama kali diluncurkan pada 15 Februari 2023 hingga saat ini, sebanyak 2,9 juta peserta telah teredukasi melalui 5.460 kegiatan yang melibatkan 2.881 Duta Pasar Modal,” ujar Jeffrey.

Ia pun berharap agar masyarakat luas dan calon investor dapat semakin memahami informasi serta mekanisme perdagangan yang ada, sekaligus meningkatkan literasinya terhadap pasar modal.

“Masyarakat dan calon investor diharapkan bisa mendapatkan pemahaman yang cukup baik, sehingga saat menjadi investor bisa mengambil keputusan investasi secara rasional,” pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA