Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MIND ID Dorong Inalum Tingkatkan Produksi Hingga 274 Ribu Ton Alumunium

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 25 Juni 2024, 16:04 WIB
MIND ID Dorong Inalum Tingkatkan Produksi Hingga 274 Ribu Ton Alumunium
Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf/Net
rmol news logo Produksi aluminium, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) terus didorong untuk ditingkatkan di tengah tingginya permintaan pasar domestik.

Holding BUMN Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID berharap Inalum bisa menjadi salah satu produsen aluminium terbesar di Indonesia dengan kapasitas 250.000 ton per tahun.

Perusahaan menargetkan peningkatan produksi mencapai 274.140 ton produk aluminium dan turunannya pada tahun ini, yang hasilnya diprioritaskan untuk pasar dalam negeri.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf menilai langkah strategis ini dijalankan untuk mencapai kapasitas produksi maksimal. MIND ID mengapresiasi Inalum yang proaktif membuka kerjasama dengan perusahaan asal Uni Emirate Arab dan investor China dalam upaya peningkatan kapasitas produksi.

“Kami proaktif dalam mendorong sinergi kerja sama dengan seluruh investor agar ekosistem industrialisasi Indonesia lebih lengkap dan produktif,” katanya.

Di samping itu, MIND ID sebagai active strategic company turut memperlancar proses integrasi dan kolaborasi antar sesama anggota grup. Salah satunya lewat proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) yang digagas bersama Inalum dan PT Aneka Tambang Tbk dengan kepemilikan saham 60:40. Proyek yang berlokasi di Kalimantan Barat ini dijalankan oleh PT Borneo Alumina Indonesia.

Lewat proyek SGAR, Antam akan memasok bijih bauksit dalam area pertambangan untuk diolah menjadi alumina. Hasil produk ini langsung dikapalkan ke Tanjung Balai Sumatra Utara untuk dimurnikan menjadi aluminium di pabrik PT Inalum.

Heri menilai, keberadaan Inalum sangat strategis dalam menjaga rantai pasok berbagai industri di tanah air. Karenanya, Heri mengajak semua pihak mendukung langkah perluasan produksi sebagai upaya untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat.

“Selain menggenjot produksi Inalum, MIND ID turut mengambil peran dalam integrasi antar grup agar ekosistem industrialisasinya jalan. Kami berkomitmen untuk memegang amanah penting ini untuk anak cucu kita ke depan,” terangnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA