Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Apresiasi Jokowi, Gubernur BI Sebut Inflasi RI Terus Turun dalam 10 Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 14 Juni 2024, 15:11 WIB
Apresiasi Jokowi, Gubernur BI Sebut Inflasi RI Terus Turun dalam 10 Tahun
Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024 pada Jumat (14/6)/YouTube Sekretariat Presiden
rmol news logo Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut Inflasi RI terus menurun dalam 10 tahun terakhir ini.

Hal tersebut dikatakan Perry dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024  di Istana Negara pada Jumat (14/6).

"Tren inflasi Indonesia dalam 10 tahun terakhir menurun, dan terkendali, bahkan termasuk yang terendah di dunia pada saat ini," kata Perry, seperti dikutip dalam YouTube Sekretariat Presiden.

Inflasi IHK bulan mei 2024, kata Perry tercatat sebesar 2,84 persen. Hal tersebut terjaga dalam kisaran target 2,5 +1 persen.

Selain itu, gubernur BI juga mengatakan bahwa inflasi di sebagian daerah juga tetap terjaga dengan baik di kisaran yang ditargetkan pemerintah.

"Di sebagian besar daerah inflasi juga berada dalam kisaran target, yang didukung oleh eratnya sinergi pengendalian inflasi oleh pemerintah pusat dan daerah serta konsistensi kebijakan BI dalam koordinasi erat tim pengendalian inflasi pusat dan daerah,"sambung Perry.

Menurut Perry, inflasi rendah sendiri merupakan faktor yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan serta kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dalam kesempatan itu, gubernur BI juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kepemimpinannya yang membuat inflasi terus terkendali.

"Kami menghaturkan apresiasi kepada Jokowi atas konsistensi kepemimpinan, inspirasi, terobosan kebijakan serta dorongan sinergi untuk pengendalian inflasi," tuturnya.

Lebih lanjut, Perry juga menegaskan bahwa pihak BI berkomitmen untuk terus memperkuat bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas, serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,  dengan erat bersama pemerintah pusat dan daerah.

"Dalam kondisi global yang masih bergejolak ini kebijakan moneter secara konsisten akan menjaga stabilitas dengan memastikan inflasi terkendali dan nilai tukar rupiah tetap stabil," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA