Direktur Utama Pos Indonesia atau PosIND Faizal Rochmad Djoemadi menegaskan bahwa PonIND mengedepankan dua strategi tersebut.
Ia kemudian menguraikan bahwa ada enam faktor yang dibutuhkan untuk mengukur kesuksesan strategi tersebut, yang disingkat ACEP; yaitu Adaptability (adaptif), Cost Leadership (meminimalkan pengeluaran), Customer Satisfaction (kepuasan pelanggan), Competitiveness (daya saing), Employee Satisfaction (kepuasan kerja), dan Productivity (produktivitas)
"Jadi transformasi dan inovasi itu saya ukur dengan enam key success factor sehingga dari bulan ke bulan saya memperbaikinya," ujar Faizal di Jakarta, dikutip Kamis (13/6).
Faktor adaptasi diukur berdasarkan seberapa baik layanan PosIND disukai masyarakat sehingga meningkatkan volume layanan. Untuk meminimalkan pengeluaran, dilihat berdasarkan seberapa besar perubahan yang dilakukan dapat mengurangi biaya tetap atau fixed cost.
Lalu untuk kepuasan pelanggan, parameter yang digunakan adalah seberapa puas pelanggan menikmati layanan PosIND.
Sementara untuk faktor daya saing atau competitiveness, dilihat market share-nya meningkat setelah produknya diperbarui. Layanannya diperbaiki, apakah volume penjualannya naik," kata Faizal.
Faktor kepuasan kerja juga menjadi prioritas dalam bertransformasi. Faizal menyampaikan, karyawan yang dapat memberikan pelayanan dengan baik, akan membuat pelanggan merasa puas.
Dari sisi produktivitas, Faizal memastikan agar perusahaan dapat bekerja dengan efisien dan efektif.
BERITA TERKAIT: