Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kualitas UMKM, Ini Tiga Dukungan Nyata dari Kementerian BUMN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 06 Juni 2024, 13:26 WIB
Tingkatkan Kualitas UMKM, Ini Tiga Dukungan Nyata dari Kementerian BUMN
Kementerian BUMN/Net
rmol news logo Kementerian BUMN berkomitmen meningkatkan kualitas dan UMKM dalam negeri.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan ada tiga hal yang dilakukan Kementerian BUMN agar UMKM dapat naik kelas dan berdaya saing.

"Jadi memang sudah kami sampaikan bahwa dukungan BUMN itu nyata dalam tiga hal, di pembinaan dan pelatihan, maupun di dukungan pembiayaan, dan dukungan pemasaran," kata Loto di sela peresmian Vending Machine UMKM PT Pegadaian di Jakarta, dikutip Kamis (6/6).

Loto menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan pendampingan atau pembinaan seperti peningkatan kualitas produk dengan melakukan TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan).

Sementara dari sisi pembiayaan, pelaku UMKM bisa mendapatkan modal usaha melalui perbankan maupun non perbankan yang mendukung program tersebut. Pelaku UMKM bisa mengakses modal usaha melalui Pegadaian, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), hingga PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Kemudian, dari sisi bantuan pemasaran pihaknya menggelar pameran termasuk jika ada kegiatan ataupun rapat, maka produk-produk UMKM binaan yang mengisi kegiatan-kegiatan tersebut.

Bahkan sebagai dukungan dan terobosan terbaru, Loto mengatakan bahwa Kementerian BUMN menghadirkan Vending Machine atau mesin penjual otomatis. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA