Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertamina Buka Peluang Sinergi Berbagai Negara untuk Pelestarian Air dan Lingkungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 24 Mei 2024, 19:14 WIB
Pertamina Buka Peluang Sinergi Berbagai Negara untuk Pelestarian Air dan Lingkungan
Program Desa Energi Berdikari Pertamina di Desa Singapura Selatan, Baturaja Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan/Ist
rmol news logo PT Pertamina (Persero) berkomitmen menjaga pelestarian lingkungan berkelanjutan dalam mengimplementasikan bisnisnya. Hal ini digaungkan perseroan melalui kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 yang terselenggara di Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina menunjukkan berbagai upaya dan inovasi yang dilakukan Pertamina Grup secara keseluruhan, dalam kaitannya dengan konservasi air, pelestarian alam dan lingkungan.

Salah satu program konkritnya adalah dengan menyediakan akses air bersih kepada masyarakat yang memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat.

“Pertama, program konkrit Pertamina melalui penyediaan akses air bersih kepada masyarakat, sudah puluhan ribu KK menerima manfaat akses air bersih ini,” kata Fadjar dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5).

Menurutnya, upaya tersebut selaras dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) point keenam dengan memberikan akses air bersih kepada masyarakat.

Kedua, lanjut Fadjar, selain komitmen pelestarian air, upaya lainnya dalam menggabungkan komitmen Pertamina adalah pemanfaatan teknologi Pertamina Grup dalam meningkatkan efisiensi penggunaan air dan juga pengolahan limbah agar lebih ramah lingkungan.

Pertamina memiliki sistem teknologi pemantauan kualitas air limbah untuk memastikan pengelolaan air dengan kualitas baik bagi lingkungan.

Ketiga, perluas jaringan dengan membuka peluang kerja sama bagi pemerintah, swasta maupun pemangku kepentingan lainnya bahkan pada kesempatan WWF ini berpeluang perluas kerja sama dari berbagai negara.

Dia juga mengatakan, selama acara WWF 10 berlangsung, respon sangat baik dari perwakilan berbagai negara, bahkan terdapat ketertarikan dari berbagai negara terhadap inovasi Pertamina dalam pengelolaan air dan pelestarian alam.

“Kami membuka peluang kerja sama dengan pemangku kepentingan di berbagai negara terkait teknologi, maupun inisiatif lain mengenai pelestarian air dan juga konservatif air,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA