Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Bertemu CEO Hyundai di Seoul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 20 Mei 2024, 18:38 WIB
Menko Airlangga Bertemu CEO Hyundai di Seoul
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan CEO Hyundai Motor Group, Euisun Chung di Korea Selatan/Ist
rmol news logo Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ke Korea Selatan diselipi dengan pertemuan bersama CEO Hyundai Motor Group, Euisun Chung untuk membahas kerja sama strategis.

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga memberikan apresiasi kepada Hyundai yang terlibat aktif dalam berbagai proyek hidrogen secara global, dimulai dari Indonesia dengan waste-to-hydrogen, hingga pemanfaatan limbah masyarakat lokal.

“Saya apresiasi upaya Hyundai mengimplementasikan solusi jaringan HTWO (H2). Ini tidak hanya menguntungkan Indonesia, tetapi juga menguntungkan pasar ASEAN dalam jangka panjang, karena hidrogen dapat berperan penting dalam mendorong gerakan netralitas karbon dan pembangunan ekonomi,” kata Menko Airlangga di Seoul, Senin (20/5).

Untuk mendorong pengembangan proyek hidrogen Hyundai ini, pemerintah akan menggandeng BUMN Pertamina. Pemerintah saat ini sedang mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik (EV) melalui penyusunan peta jalan pengembangan EV, pemberian berbagai insentif, dan pengembangan ekosistem EV di Indonesia.

Menurut Airlangga, Hyundai adalah salah satu produsen mobil listrik yang mumpuni dan diyakini bisa meningkatkan kapasitas UMKM atau supplier lokal, atau engineer Indonesia untuk menguasai sektor EV.

"Tidak hanya mobil, tapi mesin, serta turunannya seperti stasiun pengisian daya dan supaya Hyundai dapat lebih melibatkan pemasok lokal di daerah sekitar pabriknya,” lanjut Ketua Umum Partai Golkar ini.

Selain mempercepat pengembangan EV, Pemerintah juga mendorong percepatan transisi energi dari fosil ke energi ramah lingkungan, seperti energi surya dan panas bumi, pengembangan teknologi rendah karbon dan efisiensi energi, serta pengembangan alternatif lain sumber energi, seperti pengembangan hidrogen untuk kendaraan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA