Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendag Zulhas Ajak Jepang Perkuat Industri Mobil Listrik di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 18 Mei 2024, 15:27 WIB
Mendag Zulhas Ajak Jepang Perkuat Industri Mobil Listrik di Indonesia
Pertemuan bilateral antara Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan dan Wakil Menteri Parlemen untuk Urusan Luar Negeri Jepang, Komura Masahiro di Peru/Ist
rmol news logo Sumber daya mineral yang dimiliki Indonesia akan membuat industri kendaraan listrik dalam negeri tumbuh pesat, bahkan diprediksi bisa berbicara banyak di kancah global.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan berbagai upaya agar potensi tersebut bisa dimaksimalkan. Salah satu caranya memperkuat kerja sama dengan sejumlah negara produsen kendaraan roda empat.

“Indonesia mengundang Jepang untuk meningkatkan kerja sama industri otomotif mobil listrik di Indonesia,” kata Zulhas, sapaan Mendag usai melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Parlemen untuk Urusan Luar Negeri Jepang, Komura Masahiro di forum APEC 2024, Peru, Jumat (17/5) waktu setempat.

Lebih lanjut ia mengatakan, pertemuan bilateral yang dilakukan bukan hanya bersama Jepang saja. Namun RI juga gencar melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara untuk memperkuat kerja sama di sejumlah sektor.

Apalagi APEC merupakan forum kerja sama regional 21 ekonomi di lingkaran samudera pasifik. Secara umum, diskusi APEC membahas upaya fasilitasi perdagangan guna mewujudkan perdagangan yang liberal, inklusif, dan berkelanjutan.

Kerja sama APEC menghasilkan keputusan-keputusan yang bersifat sukarela dan tidak mengikat (non-binding). Namun, seringkali bersifat politis.

“Kegiatan utama APEC meliputi kerja sama perdagangan, investasi, serta kerja sama ekonomi lainnya untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan kesejahteraan di Kawasan Asia Pasifik,” tutup Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA