Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wamendag: Pemerintah Terus Ciptakan Perdagangan Dua Arah dengan Selandia Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 Mei 2024, 12:35 WIB
Wamendag: Pemerintah Terus Ciptakan Perdagangan Dua Arah dengan Selandia Baru
Kementerian Perdagangan/Net
rmol news logo Kemitraan Selandia Baru dengan Indonesia terus menguat terutama di bidang perdagangan. Bahkan, kedua negara memiliki komitmen target peningkatan nilai perdagangan dua arah sebesar NZD 4 miliar atau sekitar 2,4 miliar dolar AS hingga 2024.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, pemerintah terus melakukan berbagai cara dalam menciptakan perdagangan dua arah.

"Dengan kerja sama yang baik dan berkelanjutan, perdagangan dua arah tersebut diharapkan akan saling menguntungkan kedua negara," kata Jerry, dikutip Selasa (7/5).

Beberapa upaya pemerintah untuk menciptakan perdagangan dua arah tersebut di antaranya dengan mendorong peningkatan akses pasar buah tropis Indonesia ke Selandia Baru.

"Buah-buahan seperti pisang, mangga, dan papaya, merupakan jenis buah potensial untuk dipasarkan di Selandia Baru," jelas Jerry yang baru saja melakukan pertemuan  bilateral  dengan  Menteri  Perdagangan  Selandia  Baru,  Todd  McClay di  Paris,  Prancis, pada Kamis (2/5).

Mengingat jumlah penduduk Selandia Baru yang hanya 5,2 juta, Indonesia dapat mendorong perdagangan jasa khususnya di bidang Pergerakan Orang Perseorangan (Movement of Natural Persons/MNP) untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Selandia Baru.

"Selandia Baru berkomitmen di sektor jasa melalui Indonesia Special Work Visa. Melalui program ini, Selandia Baru memberikan kuota bagi 100 juru masak Indonesia, 20 penyembelih halal, dan 20 asisten guru bahasa," ujar Jerry.

Wamendag juga menekankan, di bawah Kerangka Ekonomi Indonesia-Pasifik (Indonesia-Pacific Economic Framework/IPEF) dan rancangan bab perjanjian perdagangan tentang pertanian berkelanjutan, Indonesia telah mengusulkan bidang-bidang untuk meningkatkan kerja sama, termasuk investasi berbasis teknologi, penelitian dan pengembangan, serta pertukaran praktik yang baik.

Indonesia ingin memperdalam kerja sama dengan Selandia Baru di bidang-bidang utama untuk mendorong praktik pertanian berkelanjutan dan kesejahteraan bersama.

Dalam kesempatan ini, Wamendag Jerry juga mengapresiasi dukungan Selandia Baru dalam upaya aksesi Indonesia bergabung dengan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (The Organization for Economic Co-operation and Development/OECD).

Total perdagangan Indonesia-Selandia Baru pada periode Januari—Februari 2024 tercatat sebesar 284,5 juta dolar AS. Dari nilai tersebut, ekspor  Indonesia ke Selandia Baru sebesar 98,6 juta dolar AS. Sedangkan, impor Indonesia dari Selandia Baru sebesar 185,9 juta dolar AS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA