Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat namun Tetap Prospektif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 Mei 2024, 09:08 WIB
Survei: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat namun Tetap Prospektif
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ekspansi bisnis UMKM pada kuartal I 2024 sedikit melambat dibandingkan kuartal IV 2023 menurut hasil survei BRI Research Institute.  

Meski melambat, pelaku UMKM nampak tetap optimis menyambut kuartal II 2024.

Pelambatan ekspansi bisnis UMKM tercermin pada Indeks Bisnis UMKM (IB) Q1-2024 yang berada pada level 102,9 atau di atas ambang batas 100. Apabila dibandingkan dengan kuartal IV 2023, Indeks Bisnis UMKM Q1-2024 turun tipis minus 0,1 poin.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa pelambatan tersebut disebabkan oleh beberapa alasan, salah satunya termasuk pelemahan daya beli masyarakat dan keterlambatan panen raya di beberapa daerah yang terdampak El-Nino.

Pelambatan ekspansi bisnis UMKM juga disebabkan oleh normalisasi permintaan terhadap barang dan jasa pasca perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), juga karena kenaikan harga barang input/barang dagangan yang menyebabkan volume produksi/volume penjualan cenderung menurun.

Persaingan yang semakin ketat dari pebisnis online dan peritel modern juga menjadi penyebab pelambatan tersebut, serta waktu operasi yang terbatas selama bulan puasa untuk usaha restoran/warung.

Meski begitu, pelaku UMKM tetap optimis ekspansi usahanya akan terus berlanjut di kuartal II 2024. Hal ini tercermin pada Indeks Ekspektasi Bisnis UMKM yang tetap berada di level tinggi atau di atas ambang batas 100, yakni 129,9, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, optimisme tersebut menguat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA