Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Tunjuk Luhut Buat Kawal Investasi Apple di IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 18 April 2024, 20:59 WIB
Jokowi Tunjuk Luhut Buat Kawal Investasi Apple di IKN
Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengawal investasi Apple di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut diakui Luhut dalam pernyataannya di Instagram pribadi pada Kamis (18/4), setelah bos Apple, Tim Cook melakukan kunjungannya ke Indonesia.

Luhut menyebut dirinya ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Presiden (Jokowi) memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia. Dia (Tim Cook) sangat tertarik dengan IKN, itu juga yang menarik. Dia bilang, kami (Apple) mau investasi, terutama dalam bidang artificial intelligence (AI) di IKN," kata Luhut.

Menurut Luhut, Cook telah menyatakan ketertarikan dan ketakjubannya dengan Indonesia yang dianggap cukup potensial, karena memiliki pertumbuhan ekonomi yang stabil dan menjanjikan, inflasi yang baik, serta penduduk yang mencapai 282 juta orang.

"Dia (Tim Cook) melihat Indonesia market potensial, apalagi dengan demografi bonus yang masih ada sampai 2030, ini harus kita kapitalisasi. Dia (Apple) juga mau investasi di Indonesia, dia memerintahkan stafnya untuk segera follow up," sambungnya.

Berdasarkan sederet aspek tersebut, Tim Cook, berjanji akan menanamkan modalnya di Indonesia, di mana salah satu yang ia lirik adalah IKN Nusantara.

"Saya pikir sangat benar sekali arahan presiden. Tinggal kami dan tim menggodok ini. Saya berharap dalam beberapa waktu ke depan kita akan bertemu teknis dengan tim dari Apple," pungkasnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sendiri sebelumnya mengungkapkan bahwa Apple bakal berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia.

Penanaman modal ini dalam bentuk pembangunan infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy, yang akan dibangun di empat daerah yaitu Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA