Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IPR: Kinerja Penjualan Eceran tetap Kuat sepanjang Maret 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 17 April 2024, 10:44 WIB
IPR: Kinerja Penjualan Eceran tetap Kuat sepanjang Maret 2024
Bank Indonesia/Net
rmol news logo Kinerja penjualan eceran tetap kuat sepanjang Maret 2024. Hal itu tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2024 sebesar 222,8 atau secara tahunan tumbuh sebesar 3,5 persen.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam siaran pers BI Rabu (17/4) menyampaikan penjualan eceran tetap kuat karena ditopang oleh meningkatnya pertumbuhan pada beberapa kelompok, antara lain Subkelompok Sandang, Kelompok Suku Cadang dan Aksesori, serta Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan meningkat dengan pertumbuhan sebesar 4,1 persen (mtm), sejalan dengan peningkatan aktivitas masyarakat saat bulan Ramadan dan persiapan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri, serta program potongan harga.

Seluruh kelompok diprakirakan berada pada zona ekspansi, dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi, diikuti Subkelompok Sandang dan Kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya.

Bulan lalu, IPR Februari 2024 tercatat meningkat mencapai 214,1 atau tumbuh 6,4 persen (yoy). Kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh pertumbuhan Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau, yang meningkat serta Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi dan Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi yang mengalami perbaikan meski masih dalam zona kontraksi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA