Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia dan India Perkuat Kerja sama di Bidang Bioteknologi dan Inklusi Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 06 April 2024, 22:11 WIB
Indonesia dan India Perkuat Kerja sama di Bidang Bioteknologi dan Inklusi Digital
Delegasi Indonesia saat melakukan kunjungan ke India/Ist
rmol news logo Indonesia dan India memperkuat kerja sama bioteknologi dan inklusi digital yang ditandai dengan hadirnya Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Mochammad Firman Hidayat, dalam kunjungan resmi ke India pada tanggal 1-5 April 2024.

Selain bidang bioteknologi, inklusi digital, kunjungan delegasi tingkat tinggi Indonesia itu juga untuk memperkuat kerja sama bidang pertanian.

Selama kunjungan tersebut, delegasi Indonesia mengadakan serangkaian pertemuan ekstensif di beberapa kota di India, termasuk New Delhi, Bangalore, Tuticorin, dan Chennai, di mana para pejabat pemerintah, akademisi, peneliti, dan pengusaha India turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Berdasarkan keterangan yang diterima dari Kedutaan Besar India di Jakarta pada Sabtu (6/4), kunjungan itu dimulai dengan pertemuan antara delegasi bersama Sekretaris Departemen Bioteknologi India, Rajesh Gokhale, yang diikuti dengan kunjungan ke Institut Nasional Penelitian Genom Tanaman (NIPGR).

"Diskusi dipusatkan pada penelitian bioteknologi, pengembangan, dan ekosistem inovasi di India," bunyi keterangan dari Kedutaan india.

Dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak juga berinteraksi mengenai bidang-bidang kerja sama yang  potensial, seperti pengurangan sampah laut, budidaya air, bio-material, biofuel, dan peringatan  dini gempa bumi di Kementerian Ilmu Pengetahuan Bumi.

Menurut keterangan dari Kedubes India, terdapat minat yang besar dari Indonesia terhadap Biotechnology Industry Research Assistance Council (BIRAC) dan dampaknya dengan ekosistem startup bioteknologi di India.

Selain itu, Firman yang memimpin delegasi Indonesia juga mengunjungi Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi India, sambil melakukan diskusi yang terfokus pada Infrastruktur Publik Digital dan inisiatif inklusi keuangan seperti program Jan Dhan Aadhar Mobile (JAM).

Delegasi Indonesia tertarik dengan konsep trinitas JAM yang berhasil menghubungkan rekening bank,Aadhar (identitas unik), dan nomor ponsel warga India, yang menjadi salah satu keberhasilan digitalisasi India saat pandemi Covid-19, di mana pemerintah mentransfer manfaat secara langsung kepada penerima manfaat tanpa perlu melakukan perpindahan secara langsung
atau material.

Untuk itu, kedua belah pihak itu berharap dapat memperkuat kerjasama antara Indonesia dan India dalam waktu dekat, yang diharapkan akan membawa manfaat besar bagi kedua negara, baik dalam bidang pengembangan sumber daya manusia maupun kemajuan teknologi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA