Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati Hari Kesehatan, Grup MIND ID Bantu Tekan Angka Stunting

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 05 April 2024, 13:47 WIB
Peringati Hari Kesehatan, Grup MIND ID Bantu Tekan Angka Stunting
Mobil sehat/Net
rmol news logo Program penanggulangan stunting turut digalakkan BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID), dalam rangka membantu pemerintah menekan kasus tersebut di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Program pencegahan stunting ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar.

Begitu kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf kepada wartawan saat dimintai tanggapan mengenai Peringatan Hari Kesehatan Dunia yang jatuh pada Minggu (7/4).

"Kami harap berbagai kegiatan dan program ini dapat membantu dalam upaya kita bersama untuk menekan stunting di Tanah Air," ujarnya, Jumat (5/4).

Ada serangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diinisiasi oleh Anggota Grup MIND ID PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dalam mengatasi stunting. Seperti PT Antam yang mendukung percepatan penurunan angka stunting di area pertambangan UBP Bauksit, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Ini menjadi bukti nyata dari perhatian perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Dengan prevalensi stunting mencapai 32,5 persen pada tahun 2022, masalah stunting telah menjadi salah satu fokus utama program CSR PT Antam.

Perseroan menginisiasi Program Generasi Sehat Bebas Stunting (GEN SEHAT) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat dan mencegah stunting, khususnya di Kabupaten Sanggau.

Perusahaan juga melibatkan berbagai pihak dalam rangkaian aksi nyata untuk menyelesaikan masalah stunting, termasuk dengan membentuk Rumah Peduli Remaja Putri (RUPE-RUPE) guna mengurangi angka pernikahan dini yang menjadi salah satu faktor penyebab stunting.

Selain itu, PT Antam juga membangun akses air bersih melalui program PIPA BERSERI sebagai upaya pencegahan stunting. Perseroan berhasil membangun 20,5 km pipa air bersih untuk didistribusikan ke 1.139 orang di Desa Tanjung Bunut, diharapkan akses air bersih ini dapat mencegah stunting serta masalah kesehatan lainnya.

Dalam upaya memastikan keberhasilan program, PT Antam menyadari pentingnya monitoring dan melibatkan masyarakat secara langsung. Perusahaan membentuk program pengamatan kesehatan berbasis masyarakat yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

Anggota Grup MIND ID lainnya, PT Freeport Indonesia (PTFI) juga turut berkontribusi dalam upaya pencegahan stunting, khususnya di wilayah Papua. Melalui program Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia for Papua Chapter (PASTI Papua) yang bekerja sama dengan Badan Pengembangan Internasional Amerika Serikat (USAID), PTFI berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dan mengurangi angka stunting di wilayah tersebut.

“PTFI dan USAID menandatangani MoU PASTI Papua dengan dukungan pendanaan sebesar 3,53 juta dolar AS dari PTFI dan 500.000 dolar AS dari USAID,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA