Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Pemudik, PLN Siapkan 1.299 Stasiun Charging Mobil Listrik di 879 Lokasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 04 April 2024, 11:44 WIB
Sambut Pemudik, PLN Siapkan 1.299 Stasiun Charging Mobil Listrik di 879 Lokasi
Representative Image/Net
rmol news logo Dalam menyambut gelombang pemudik Lebaran 2024, PT PLN (Persero) menyiapkan 1.299 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi pemudik yang pulang kampung menggunakan mobil listrik.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa mereka telah menempatkan ribuan SPKLU di 879 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di sepanjang titik ruas tol yang akan melayani pemudik.

"Ini sudah terpasang SPKLU, yang terpasang 1.299 SPKLU di 879 lokasi,"katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Rabu (3/4).

Menurutnya, upaya penyebaran SPKLU itu dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan lonjakan pemudik yang menggunakan kendaran listrik tahun ini.

"Khusus untuk tahun ini, belajar dari kelemahan SPKLU pada tahun lalu (2023), kami sudah pasang SPKLU di setiap titik rest area, baik yang (tipe) A dari barat ke timur, maupun B dari timur ke barat," jelas Dirut PLN yang akrab disapa Darmo, dikutip Kamis (4/4).

Dalam pemaparannya, Darmo menjelaskan bahwa SPKLU itu berjarak sekitar 23 km, yang menegaskan jarak aman bagi para pemudik dengan tempat pengisian listrik yang dijaga oleh petugas siaga 24 jam selama masa mudik lebaran.

Adapun PLN juga telah menghadirkan fitur khusus pada PLN Mobile, di mana para pengguna kendaraan listrik nantinya bisa dengan mudah mengecek titik-titik tempat pengisian baterai tersebut.

"Karena mudik kali ini akan melibatkan mobil listrik, kami membangun EV digital service yang kami bangun jadi satu fitur di PLN Mobile. Fitur ini bisa membantu untuk trip planner, memudahkan pemudik mengakses lokasi SPKLU sepanjang rute perjalanan," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA