Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pelindo Perbanyak Terminal Penumpang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 01 April 2024, 10:40 WIB
Antisipasi Lonjakan Pemudik, Pelindo Perbanyak Terminal Penumpang
Representative Image/Net
rmol news logo Dalam upaya mengatasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2024, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 menyiapkan 20 terminal penumpang dan kapal roll-on/roll-off (RoRo).

Senior Manajer Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlinda Sari, menyatakan penambahan terminal tersebut dilakukan untuk mengatasi potensi lonjakan pemudik melalui jalur laut usai ada penambahan hari libur Lebaran dan cuti bersama.

Pasalnya, Pelindo sendiri memprediksi pemudik yang menggunakan jalur laut akan mencapai 713.449 penumpang atau naik 15 persen dari tahun lalu sebanyak 620.291 penumpang.

"Persiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik, baik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang," kata Karlinda dalam keterangan resmi, dikutip Senin (1/4).

Menurut Karlinda, sejumlah pelabuhan utama diprediksi juga akan mengalami lonjakan penumpang yang signifikan dibandingkan hari biasa, seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang.

Untuk itu, Pelindo melakukan berbagai persiapan dengan memberikan fasilitas terbaik di terminal penumpang guna melayani lonjakan pemudik pada tahun ini.

"Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini mulai sekarang," ujar Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki.

Tidak hanya itu, Pelindo juga mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan seperti otoritas pelabuhan dan perusahaan pelayaran untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pemudik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA