Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PGN Optimis Perkuat Eksistensi Bisnis Gas dan Ketahanan Emisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Maret 2024, 07:00 WIB
PGN Optimis Perkuat Eksistensi Bisnis Gas dan Ketahanan Emisi
Ilustrasi/Net
RMOL. Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN)) optimistis dengan pertumbuhan bisnis gas bumi di dalam negeri. Saat ini, PGN menargetkan perluasan utilisasi gas bumi domestik untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Strategi investasi masa depan Subholding Gas Pertamina itu difokuskan pada penguatan eksistensi perseroan. Saat ini, PGN melayani 830.935 pelanggan, terdiri dari 825.856 rumah tangga, 3.103 industri dan komersial, serta 1.976 pelanggan kecil.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan akan fokus mempercepat konektivitas dan ketersediaan infrastruktur.

"Inisiatif pengembangan diperkuat melalui optimalisasi terminal LNG, infrastruktur gas, diversifikasi produk dan layanan, di antaranya LNG trading, pengembangan renewable energy atau biomethane, serta oil pipeline untuk meningkatkan pendapatan," ujar Rachmat dalam keterangannya pada Jumat (16/3).

Secara berkelanjutan, PGN akan membangun dan mengelola infrastruktur gas bumi, termasuk menginisiasi inovasi infrastruktur gas bumi untuk kemudahan akses distribusi gas bumi. PGN juga sangat terbuka untuk sinergi dengan pemerintah maupun badan usaha lainnya agar dapat mengintegrasikan pengelolaan gas bumi bagi masyarakat.

"PGN menggunakan tiga pilar prioritas untuk bergerak ke depan dan menghadapi perubahan, yaitu Grow, Adapt, dan Step Out, atau biasa kami sebut GAS,” kata Rachmat.

Ketiga pilar tersebut menjadi pedoman PGN untuk fokus dalam melakukan optimalisasi, pengembangan, serta pada saat bersamaan mengupayakan pengembangan bisnis energi hijau yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

PGN juga berupaya untuk menjaga keseimbangan antara supply dan demand untuk memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan. Hal ini diupayakan dengan asesmen yang lengkap dan menyeluruh atas portfolio pasokan gas melalui jaringan pipa transmisi dan distribusi serta melalui moda LNG.

Upaya tersebut tidak sia-sia. PGN menorehkan prestasinya dalam Anugerah BUMN 2024. Direktur Utama PT PGN Tbk Arief Setiawan Handoko mendapatkan penghargaan sebagai The Best CEO Visionary Leadership kategori CEO BUMN & Anak Perusahaan BUMN Tbk atas visi jangka panjang dalam memimpin arah perkembangan bisnis PGN ke depan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA