Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia Menurun pada Februari 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 15 Maret 2024, 12:37 WIB
Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia Menurun pada Februari 2024
Ilustrasi/Net
rmol news logo Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia terhadap ekonomi dalam negeri dilaporkan menurun ke 123,1 pada Februari 2024, dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 125.

Survei yang dilakukan Bank Indonesia (BI) untuk mengetahui keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia itu mencatat adanya penurunan IKK yang paling besar berada di Kota Banjarmasin, Surabaya, dan Medan.

"Sebagian kota mencatat penurunan IKK, terutama di Kota Banjarmasin (12,7 poin), diikuti Surabaya (12,6 poin) dan Medan (11,2 poin)," jelas Asisten Gubernur BI, Erwin Haryono, dalam keterangan resminya pada Kamis (14/3).

Meski menurun, zona tersebut, kata Erwin masih berada di level tinggi, karena berada di kisaran angka lebih dari 100 yang menunjukkan adanya keoptimisan konsumen terhadap ekonomi Indonesia.

Di sisi lain, Erwin lebih lanjut menjelaskan bahwa IKK di beberapa kota lainnya justru mengalami peningkatan seperti di Kota Palembang (5,0 poin), Denpasar (3,1 poin) dan diikuti Bandung dengan (2,7 poin).

Sebagai informasi, survei tersebut rutin dilakukan BI setiap bulan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, serta ekspektasi mereka terhadap kondisi perekonomian ke depan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA