Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gabung B Corp, Puluhan Perusahaan Swasta Kian Peduli SDGs

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 12 Maret 2024, 18:29 WIB
Gabung B Corp, Puluhan Perusahaan Swasta Kian Peduli SDGs
Koordinator BUMN Direktorat Jasa Keuangan dan BUMN Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Rosy Wedyawati/Net
rmol news logo Kesadaran terhadap dampak lingkungan ini mulai ditumbuhkan sejumlah perusahaan di Indonesia. Tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi, kini puluhan perusahaan mulai mewujudkan bisnis yang menghadirkan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Hal tersebut terwujud pada langkah 23 perusahaan Indonesia telah tersertifikasi B Corp, seperti PT DCI Indonesia, Danone Indonesia, hingga Potato Head.

Koordinator BUMN Direktorat Jasa Keuangan dan BUMN, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Rosy Wedyawati memandang, sertifikasi B Corp akan meningkatkan persaingan lebih tinggi di pasar global.

“Kami melihat B Corp dapat meningkatkan kepedulian pihak swasta dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals)," kata Rosy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/3).

Sementara itu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam berharap pelaku industri pariwisata, restoran, serta pusat kerajinan bisa meniru perusahaan swasta untuk bergabung dalam B Corp.

"Tantangan terkait lingkungan semakin parah. Tentu sebagai regulator, kami merasa tergerak melakukan sesuatu. Kami mendorong pelaku industri bisa memiliki standar operasi yang tidak hanya mementingkan bisnis, tetapi juga memikirkan dampak lingkungan dan sosial," sambung Niel.

B Corp Community Indonesia merupakan komunitas perusahaan yang telah atau akan melakukan sertifikasi B Corp, yakni sertifikasi global bagi organisasi atau perusahaan berstandar tinggi dalam menjalankan usahanya baik dari aspek sosial, lingkungan, dan ketenagakerjaan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA