Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Baru Enam Bulan Beroperasi, LRT Jabodebek telah Layani Lebih dari 7,2 Juta Penumpang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 11 Maret 2024, 16:37 WIB
Baru Enam Bulan Beroperasi, LRT Jabodebek telah Layani Lebih dari 7,2 Juta Penumpang
LRT Jakarta/Ist
rmol news logo Kereta LRT Jabodebek tercatat telah melayani lebih dari 7,2 juta pengguna selama beroperasi lebih dari 6 bulan lalu.

KAI mencatat bahwa jumlah pengguna LRT terus meningkat setiap bulan sejak Desember 2023. Bahkan, pada Maret, rata-rata harian pengguna LRT Jabodebek pada hari kerja tercatat mencapai 59.000 pengguna.

Jumlah tersebut meningkat secara signifikan dengan total 7.253.325 penumpang yang telah menaiki moda transportasi tersebut.

Manager Public Relation LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menjelaskan bahwa pertumbuhan jumlah pengguna dipengaruhi oleh peningkatan kualitas layanan LRT Jabodebek, dan juga dukungan dari pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan yang telah menerapkan tarif promo untuk para pengguna LRT Jabodebek.

“Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) telah memberlakukan tarif promo sebesar Rp3.000 untuk tarif minimal dan Rp20.000 untuk tarif maksimal pada jam sibuk (peak hour) serta Rp10.000 di luar jam sibuk (off peak hour) mulai 1 Desember 2023. Promo tarif tersebut masih akan terus diperpanjang hingga 31 Maret 2024,” kata Mahendro, dalam siaran pers dikutip Senin (11/3).

Tidak hanya tarif promo, dukungan dari pemerintah daerah melalui layanan moda transportasi terintegrasi, seperti BISKITA Trans Patriot Bekasi yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan pada 3 Maret lalu juga turut berkontribusi pada peningkatan penumpang itu.

Selain itu, penambahan jumlah perjalanan dan perpanjangan waktu layanan operasi LRT Jabodebek juga disebut menjadi faktor peningkatan pengguna.

Adapun peningkatan jumlah perjalanan yang dilakukan pada 16 Januari dan 1 Maret membuat jumlah perjalanan LRT Jabodebek mencapai 308 perjalanan per hari pada hari kerja, atau meningkat sebesar 54 persen dibandingkan bulan Desember.

Menanggapi antusiasme masyarakat, pada tahun 2024 ini LRT Jabodebek sendiri optimis dapat mencapai target hingga 69 ribu penumpang LRT perhari.

"Atas dukungan pemerintah dan stakeholders terkait KAI juga mengucapkan terima kasih. Dengan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, kami yakin target rata-rata harian 69.000 pengguna LRT Jabodebek pada tahun ini dapat tercapai," pungkas Mahendro. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA