Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wapres: Pemerintah Komitmen Bangun SDM Terampil lewat BLK Komunitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Jumat, 08 Maret 2024, 13:43 WIB
Wapres: Pemerintah Komitmen Bangun SDM Terampil lewat BLK Komunitas
Menaker Ida Fauziyah mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Festival Kemandirian BLK Komunitas 2024, di Ponpres Daarul Archam, Desa Tanjakan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten/Ist
rmol news logo Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memastikan, pemerintah berkomitmen kuat membangun sumber daya manusia (SDM) terampil, salah satunya melalui pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

"Dari BLK Komunitas akan lahir masyarakat mandiri sesuai kebutuhan pasar kerja dan daerah di mana BLK itu berdiri," kata Wapres, usai meresmikan 525 BLK Komunitas dan Festival Kemandirian BLK Komunitas 2024, di Ponpres Daarul Archam, Desa Tanjakan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten.

Rilis dari Biro Humas Kemnaker, Jumat (8/3) menyebutkan, Wapres Ma'ruf Amin juga menuturkan, pembangunan BLK Komunitas merupakan bagian penting dari tujuan pemerintah membangun kemandirian dengan meningkatkan SDM.

"Supaya menjadi negara yang maju, kuncinya ada pada SDM yang terampil," kata Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, kebutuhan peningkatan kompetensi telah dijawab pemerintah dengan cara membangun BLK Komunitas.

Menurutnya, pembangunan BLK Komunitas meruapakan jawaban bagi masyarakat yang terkendala geografis, karena harus datang ke balai-balai latihan kerja di ibukota provinsi.

"Karena itu, untuk mendekatkan pelayanan, kami bangun BLK Komunitas berbasis keagamaan dan berbasis Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB)," tambah Menaker.

Ida juga mengatakan, setelah pembangunan BLK Komunitas, pihaknya mendorong BLK Komunitas itu bisa menjadi lembaga mandiri.

"Yang kita dorong itu kemandirian seluruh BLK Komunitas, agar bisa bekerja sama dengan perusahaan yang ada di sekitar BLK Komunitas serta pemerintah daerah setempat," katanya.

"Kemandirian BLK Komunitas dapat terwujud karena ada sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah maupun swasta," tambahnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA