Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teten Masduki: Inovasi Produk Berbasis Riset Teknologi Ciptakan Ekonomi Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 05 Maret 2024, 13:20 WIB
Teten Masduki: Inovasi Produk Berbasis Riset Teknologi Ciptakan Ekonomi Baru
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki/Net
rmol news logo Produk-produk start-up hasil karya kalangan mahasiswa semakin berkembang. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, sudah seharusnya karya tersebut dapat melahirkan ekonomi dan wirausaha baru.

Ia juga berharap semakin banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang muncul dengan memanfaatkan inovasi teknologi.

Pernyataan itu disampaikan Teten saat menghadiri Entrepreneur Hub yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung, Senin (4/3).

"Inovasi teknologi ini sangat berguna dan bisa dikomersialisasi, meskipun ada beberapa yang harus dikembangkan dari sisi riset dan pengembangan," kata Teten, dikutip dari siaran pers Kemenkop UKM.

Teten menyebut beberapa inovasi teknologi yang telah dikembangkan mahasiswa ITERA, antara lain pengembangan pertanian dengan mengolah hasil pertanian melalui sensor, olahan minyak kelapa sawit CPO yang bisa dibuat bahan kosmetik dan semprotan disinfektan atau hama, hingga alat hemat energi penggunaan listrik.

Mahasiswa ITERA juga mampu mengembangkan karet dan minyak sawit menjadi pelumas sebagai alternatif pelumas dari fosil, katanya.

Untuk membantu mengembangkan inovasi produk mahasiswa yang telah tercipta, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) telah bekerja sama dengan inkubator baik yang ada di dalam maupun di luar kampus. Termasuk adanya business matching untuk mencari investor yang dimasukkan program E-Hub.

Berdasarkan Global Innovation Index tahun 2022, Indonesia menempati ranking ke-75 dari 132 negara yang disurvei. Banyak pelaku usaha di Indonesia yang minim inovasi dalam menjalankan bisnis, sehingga perkembangan usahanya menjadi lambat dan tidak mampu bersaing.

“Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan lahirnya wirausaha-wirausaha yang memiliki daya kreativitas dan inovasi tinggi, serta mampu memanfaatkan riset dan teknologi dalam menjalankan usahanya, dan salah satu jawabannya ada pada mahasiswa,” ucap Teten. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA