Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Kemajuan Olahraga, Grup MIND ID Bangun Sarana di Wilayah Tambang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 29 Februari 2024, 15:25 WIB
Dukung Kemajuan Olahraga, Grup MIND ID Bangun Sarana di Wilayah Tambang
Pembangunan sarana olahraga di Papua/Net
rmol news logo Pembangunan fasilitas olahraga menjadi salah satu program yang dijalankan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia. Melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL), Grup MIND ID komitmen menyediakan sarana dan prasarana untuk kegiatan olahraga masyarakat di lingkaran tambang.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengurai bahwa salah satu program TJSL tersebut dilakukan anggota Grup MIND ID, PT Timah Tbk yang membantu penyediaan sarana dan prasarana olahraga bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Pada 2023, PT Timah Tbk mendukung pembangunan fasilitas olahraga voli di Desa Air Bulin, Kabupaten Bangka Barat. Selain itu, anggota Grup MIND ID tersebut terjun langsung memberikan bantuan kepada kelompok Bola Voli di Desa Tanjung Niur, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat.

PT Timah Tbk juga ikut serta dalam mendukung Open Tournament Sepak Bola Beli Laut pada 2023. Turnamen tersebut merupakan salah satu kompetisi sepak bola tahunan yang diikuti beberapa desa di Tempilang.

Bantuan untuk memajukan sektor olahraga tidak hanya sebatas meningkatkan kesehatan masyarakat, tapi menjadi salah satu cara mengasah bakat atlet-atlet potensial di tingkat desa.

Cerita menarik lainnya datang dari anggota Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang juga ikut membangun fasilitas olahraga dari mulai lapangan golf, tenis, badminton, futsal, kolam renang, hingga cabang olahraga lainnya.

"Fasilitas tersebut diperuntukkan bagi para karyawan dan keluarga juga masyarakat umum yang berdomisili di sekitar wilayah operasional perusahaan," kata Heri.

Salah satu gedung olahraga yang menjadi sorotan adalah Gedung Bowling Bukit Asam yang diresmikan sejak 2010 silam. Gedung berkelir oranye tersebut menjadi salah satu sarana olahraga paling ramai dikunjungi penggerak olahraga bowling di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Lain halnya dengan anggota Grup MIND ID PT Freeport Indonesia (PTFI) yang mendirikan Papua Football Academy (PFA) di Timika, pada 2022 silam. Pembentukan PFA tersebut merupakan wujud kepedulian PTFI untuk memajukan kancah sepak bola di Tanah Papua.

PFA diharapkan bisa melahirkan talenta-talenta muda yang berbakat mengolah si kulit bundar. PFA sendiri bermarkas di Mimika Sport Complex, Timika?"sebuah sarana olahraga yang dibangun PTFI.

“MIND ID berharap dengan kehadiran PFA ini bisa menjadi wadah bagi perkembangan sepak bola di Papua, di mana nantinya akan lahir penerus ‘Boaz Solossa’ yang kini menjadi salah satu legenda hidup sepak bola Papua,” ucapnya.

Terkini, PFA sudah memiliki dua angkatan siswa dengan kelompok usia U-14 dan U-13. Kedua angkatan tersebut mendapatkan dukungan sekolah akademik dan non akademik sebagai penunjang pendidikan formal dan karakter. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA