Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seleksi Beasiswa Dimulai, Berikut Kiprah Grup MIND ID dalam Dunia Pendidikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 23 Februari 2024, 21:35 WIB
Seleksi Beasiswa Dimulai, Berikut Kiprah Grup MIND ID dalam Dunia Pendidikan
Proses pendidikan di MIND ID/Net
rmol news logo Sektor pendidikan turut menjadi fokus program dari BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID. Salah satunya melalui Program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) 2024 yang digelar oleh PT Bukit Asam TBK, (PTBA) yang merupakan Grup MIND ID.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf menjelaskan bahwa program ini sejalan dengan visi dan misi MIND ID dalam mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang lebih baik.

“Sehingga pendidikan sangat penting sebagai pendorong masa depan yang lebih baik,” katanya kepada wartawan, Jumat (23/2).
 
Saat ini, Program Bidiksiba 2024 telah memasuki proses seleksi. Sebanyak 240 peserta berhasil lolos pada tahap administrasi dan berhak mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu psikotes dan tes bahasa Inggris.

Dari total 240 peserta tersebut, sebanyak 175 orang berasal dari Unit Pertambangan Tanjung Enim, 8 orang dari Unit Dermaga Kertapati, 25 orang dari Unit Pelabuhan Tarahan, dan 32 orang dari Unit Pertambangan Ombilin.

Adapun 183 peserta dari Unit Pertambangan Tanjung Enim dan Unit Dermaga Kertapati akan mengikuti psikotes dan tes bahasa inggris pada 20-21 Februari 2024. Disusul 32 peserta dari Unit Pertambangan Ombilin pada 24 Februari 2024 dan 25 peserta dari Unit Pelabuhan Tarahan pada 26 Februari 2024.

Melalui program ini, PT Bukit Asam Tbk berupaya membuka kesempatan kepada siswa-siswi dari keluarga prasejahtera untuk meraih pendidikan, sehingga rantai kemiskinan dapat diputus. Program Bidiksiba memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar perusahaan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi (Diploma Tiga atau D-III).

Sejak dilaksanakan pada 2013 hingga 2023, sudah ada 345 orang penerima beasiswa ini. Adapun untuk Program Bidiksiba 2024, PT Bukit Asam Tbk bekerja sama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Lampung.

Tak hanya PT Bukit Asam Tbk dengan Program Bidiksiba-nya, Grup MIND ID lainnya juga telah melaksanakan berbagai program beasiswa pendidikan. Sebut saja Grup MIND ID PT Timah Tbk dengan program Timah Mengajar di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Melalui program ini, PT Timah Tbk berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi guru.

Perusahaan mendukung sarana dan prasarana pendidikan melalui pelatihan bagi 50 guru, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP/MTs, SMA/MA, hingga SMK yang berada di Kecamatan Kundur Barat dan Kundur Utara. Selain Timah Mengajar, PT Timah Tbk juga memiliki beberapa program bidang pendidikan lainnya, seperti beasiswa berprestasi kepada pelajar, bantuan langsung kepada anak-anak nelayan, dan pelatihan bagi guru.

Sementara itu, Grup MIND ID PT Freeport Indonesia (PTFI) juga memiliki program di bidang pendidikan melalui Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ). Yayasan di bawah naungan PT Freeport Indonesia ini menggelar kegiatan Education Fair 2023 di dua lokasi, yaitu di YPJ Tembagapura pada 10 November 2023 dan di SMP YPJ Kuala Kencana pada 13-14 November 2023.

Sebanyak 27 sekolah unggulan mengikuti kegiatan tahunan ini, salah satunya Sekolah Semesta yang merupakan salah satu sekolah unggulan di Jawa Tengah. Melalui Education Fair 2023, para siswa dan orang tua diberi kemudahan dalam menentukan sekolah studi lanjutan.

Anggota Grup MIND ID lainnya, PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), juga ikut berpartisipasi dalam memajukan pendidikan di sekitar areal tambang. Melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Konawe Utara, PT ANTAM Tbk bersama Pemerintah Kabupaten Konawe Utara meluncurkan program beasiswa pelajar untuk tingkat SD, SMP, dan SMA/sederajat di Kecamatan Malawe dan Lasola Kepulauan.

Pada 2023, sebanyak 137 siswa menerima beasiswa pelajar dalam bentuk buku rekening tabungan siswa. Dengan beasiswa ini, diharapkan pendidikan di sekitar areal tambang dapat berkembang karena kemajuan sumber daya manusia di Kabupaten Konawe Utara.

Sementara itu, Grup MIND ID PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) juga telah memberikan beasiswa S1 dan pelatihan INALUM Leadership Camp. Pada 2022, sebanyak 100 orang dari delapan kota/kabupaten yang termasuk ke dalam wilayah kerja utama TJSL perusahaan telah mendapatkan beasiswa S1.

Mereka tengah menempuh pendidikan di Universitas Sumatra Utara, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Sementara 134 mahasiswa dan mahasiswi telah berhasil menyelesaikan perkuliahan dan mendapatkan gelar sarjana berkat beasiswa ini.

Selain pemberian beasiswa, seluruh penerima beasiswa dari PT INALUM juga diikutsertakan dalam kegiatan INALUM Leadership Camp, yakni kegiatan pelatihan untuk meningkatkan soft skill para penerima beasiswa dengan berbagai variasi tema. Program beasiswa S1 dan pelatihan ini merupakan program lanjutan yang telah digagas sejak 2019.

Kesuksesan program ini juga atas kerja sama PT INALUM dengan beberapa mitra strategis, di antaranya Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), Paguyuban KSE Universitas Sumatra Utara, Paguyuban KSE Universitas Negeri Medan, dan Paguyuban KSE Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Melalui program ini, perusahaan juga berhasil meningkatkan nilai akademik penerima mahasiswa (IP/IPK semester genap) hingga 87 persen, mengembangkan desa binaan, serta meningkatkan kemandirian masyarakat di desa sekitar perusahaan, seperti Desa Halado, Desa Meranti Utara, dan Desa Perupuk. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA