Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemendag Dorong Pelaku UMKM Perluas Pasar ke Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 21 Februari 2024, 14:42 WIB
Kemendag Dorong Pelaku UMKM Perluas Pasar ke Luar Negeri
Sejumlah produk lokal UMKM yang dipamerkan di Semarang Kreatif Galeri/RMOL
rmol news logo Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya meningkatkan ekspor produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan mempersiapkan sejumlah langkah strategis.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan bahwa UMKM merupakan tanggung jawab pemerintah, terutama Kemendag. Sehingga pertumbuhannya perlu untuk dimasifkan bahkan hingga ke luar negeri.

“Kita memastikan tingkat kuantitas, kualitas, dan kontinuitas. Artinya apa? Kita ini memastikan,” tegasnya kepada media pada Selasa (19/2).

Saat ini, kata Jerry, Kemendag sendiri memiliki program Kemendag Balai Pelatihan Ekspor dengan lembaga Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP), yang bertugas melaksanakan pengembangan SDM ekspor di dalam negeri.

Melalui program tersebut, Kemendag berupaya meningkatkan perdagangan UMKM dengan memberikan sejumlah pelatihan dan pendampingan untuk pelaku usaha yang ingin memperluas pasarnya hingga ke luar negeri.

“Contohnya kan itu kita punya sekarang namanya di Kemendag Balai Pelatihan Ekspor, namanya PPEJP itu tugasnya untuk melakukan pelatihan, pendampingan, advokasi serta memastikan produk-produk mereka ini bisa dikirim ke luar negeri,” tutur Jerry. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA