Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puji Hilirisasi Jokowi, Jerry Sambuaga: Itu Jadi Kunci Peningkatan Ekspor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 21 Februari 2024, 08:55 WIB
Puji Hilirisasi Jokowi, Jerry Sambuaga: Itu Jadi Kunci Peningkatan Ekspor
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga saat berbincang dengan awak media di Padma Hotel Semarang, Jawa Tengah, Selasa (20/2)/RMOL
rmol news logo Hilirisasi yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo telah membuat nilai ekspor dalam negeri meningkat.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat memuji program hilirisasi Jokowi.

“Jadi perlu saya tekankan lagi, saya garis bawahi lagi, hilirisasi itu kunci. Produk-produk yang kita punya itu nilainya bisa berkali-kali lipat, lebih banyak nilai ekspornya ketimbang kita kirim produk-produk mentah saja,” kata Jerry kepada media di sela-sela Rapat Kerja Kemendag 2024, Selasa (20/2).

Dalam kesempatan tersebut, Jerry menjelaskan konsep hilirisasi yang memiliki nilai tambah ketika produk telah diolah. Ia pun mencontohkan hilirisasi seperti sebuah furniture.

“Contoh yang paling simple kalau kita bicara soal produk misalnya, furniture-lah, dibanding kita cuma kirim mentahnya kayu doang, kalau kita olah jadi furniture itu lebih memiliki nilai jual berkali lipat dibanding kita hanya kirim mentahnya. Itu baru contoh sederhana belum kalau kita bicara nikel,” jelas Jerry.

Wamendag itu lebih lanjut mengatakan bahwa hilirisasi saat ini memang memiliki proses yang sangat panjang, sehingga hasilnya belum dapat dilihat dari sekarang. Namun, kata Jerry, hilirisasi yang terus digencarkan Jokowi merupakan program yang tepat, untuk meningkatkan perdagangan Indonesia.

“Hilirisasi itu kan sebuah proses ya, maksudnya kita tidak bisa sekarang melakukan besok jadi ya, itu kan harus melalui proses, tahapan, ya tentunya juga kerja keras semua pihak dan juga daerah tentunya sinergi,” sambungnya.

“(Namun) saya berkeyakinan dan saya sangat yakin dan percaya apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi ini sudah sangat-sangat tepat ya dalam konteks meletakkan hiririsasi sebagai prioritas,” pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA