Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Djakarta Ramadhan Fair 2024 Bakal Digelar 6 Hari Mulai 15-20 Maret, Jelajahi Kemeriahannya!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 Februari 2024, 18:06 WIB
rmol news logo Djakarta Ramadhan Fair kembali hadir pada tahun ini. Acara ini akan berlangsung selama enam hari, mulai 15 hingga 20 Maret 2024, dan diharapkan menjadi perayaan Ramadhan yang paling megah dan meriah di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Djakarta Ramadhan Fair 2024 diselenggarakan oleh Forum Pemuda Betawi dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketua umum forum pemuda betawi, Geraldi Aldi Bangsawan, mengatakan bahwa acara ini dihadirkan sebagai festival yang bertujuan untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan. Festival ini menghadirkan berbagai kegiatan budaya, lomba, kegiatan sosial, ngabuburit, bazaar Ramadhan terbesar, dan festival kuliner.

"Acara ini dirancang untuk memberikan pengalaman tak terlupakan kepada warga Jakarta dan pengunjung dari berbagai daerah dalam merayakan momen yang istimewa ini," kata Geraldi, dalam keterangannya yang dikutip Jumat (16/2).

Menurutnya, salah satu daya tarik utama Djakarta Ramadhan Fair 2024 adalah gelar budaya yang menampilkan kekayaan seni dan budaya Indonesia.

"Pengunjung akan dapat menikmati pertunjukan tari tradisional, musik, teater, dan pameran seni rupa yang menampilkan keindahan dan keberagaman budaya bangsa," jelas geraldi.

Ini akan menjadi kesempatan bagi para seniman lokal untuk menghidupkan kembali warisan budaya Betawi dan Indonesia secara luas. Lokasi Lapangan Banteng, yang terletak di Jakarta Pusat, juga memberikan akses mudah bagi pengunjung dari berbagai wilayah di Jakarta.

Juga ada berbagai lomba yang menarik perhatian masyarakat, seperti lomba menyusun takjil terbaik, lomba adzan terbaik, lomba menghafal Al-Qur'an, dan lomba seni kaligrafi akan diadakan untuk menguji keterampilan dan keahlian peserta. Lomba-lomba ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk bersaing, tetapi juga memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan di antara peserta.

Djakarta Ramadhan Fair 2024 juga menempatkan pentingnya kegiatan sosial dalam perayaan ini. Berbagai kegiatan sosial seperti penggalangan dana untuk amal, donor darah, serta pembagian makanan kepada mereka yang membutuhkan akan diselenggarakan. Menurut Geraldi, ini adalah kesempatan bagi masyarakat Jakarta untuk berkontribusi dalam membantu sesama dan berbagi kebahagiaan selama bulan suci Ramadhan.

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, pengunjung bisa memanfaatkan waktu "ngabuburit" di festival ini dengan menyaksikan pertunjukan musik religi, ceramah agama, dan kelas-kelas kreatif seperti kelas memasak takjil dan kelas seni kaligrafi. Di sini juga tersedia berbagai hidangan khas Ramadhan, makanan dan minuman tradisional, serta produk kreatif lokal yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung.

"Semua ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan memberikan hiburan yang bermanfaat bagi pengunjung," kata Geraldi.

Djakarta Ramadhan Fair 2024 adalah acara tahunan yang diharapkan mampu memperkuat identitas budaya Jakarta, mempromosikan pariwisata, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Bersiaplah untuk merasakan kekayaan budaya Indonesia, mengikuti berbagai lomba menarik, berkontribusi dalam kegiatan sosial, menikmati ngabuburit yang seru, dan menjelajahi bazar Ramadhan terbesar yang pernah ada, dalam Djakarta Ramadhan Fair 2024, 15-2 Maret 2024.

Untuk info lanjutan bisa dilihat di bazaarjakarta.id  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA