Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Keluhkan Beras Langka di Alfamart dan Indomaret

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 13 Februari 2024, 08:09 WIB
Masyarakat Keluhkan Beras Langka di Alfamart dan Indomaret
Potret rak beras yang kosong di salah satu ritel modern/Net
rmol news logo Beras premium yang saat ini mengalami kelangkaan di beberapa ritel telah dikeluhkan oleh sejumlah masyarakat Indonesia.

Salah satunya Reza, warga asal Pamulang yang mengaku kesulitan mencari beras premium 5 kilogram yang biasa ia beli di ritel modern, seperti Alfamart dan Indomaret.

"Saya emang biasa beli beras di Alfamart. Tapi ini sudah satu minggu kosong terus di deket rumah," kata Reza kepada Kantor Berita Politik RMOL pada Senin (12/2).

Menurut pengakuannya, ia mencari beras tersebut hingga ke lebih dari 4 ritel di sekitar rumahnya. Namun, stok beras kosong. Sehingga, ia memilih untuk membeli beras premium melalui salah satu e-commerce.

"Akhirnya saya beli di Tokopedia kemarin, langsung beli 4 karung beras (5 Kg). Dapetnya juga udah di harga mahal, sekitar Rp71.900, dari biasanya hanya Rp69.000. Sekarang saya cek lagi tokonya udah habis," ungkap Reza.

Ia pun menyesalkan kelangkaan beras saat ini, padahal, kata Reza, sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan.

"Saya kesulitan. Mana sudah mau bulan puasa," tuturnya.

Selain itu, warga Depok bernama Bambang juga mengaku kesulitan mencari beras premium di sekitar ritel rumahnya. Ia mengaku terpaksa membeli beras di agen, dengan merk beras BMW di harga Rp95 ribu.

Kelangkaan beras ini terjadi setelah sejumlah peritel memilih tidak memasok beras premium, karena tingginya harga beras di produsen.

Sementara berdasarkan keterangan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey kelangkaan itu diperkirakan terjadi karena saat ini belum masa panen, dan beras tipe medium yang diimpor pemerintah diklaim belum masuk. Sehingga menyebabkan kosongnya beras premium di sejumlah ritel. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA