Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri ESDM: Target Bauran EBT di 2025 Tetap di Angka 23 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 03 Februari 2024, 08:26 WIB
Menteri ESDM: Target Bauran EBT di 2025 Tetap di Angka 23 Persen
PLTS Cirata/Dok PT PLN
rmol news logo Target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Indonesia masih akan tetap di angka 23 persen di 2025.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan hal itu dalam konferensi persnya di  Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (3/2), sebagai tanggapan atas rencana Dewan Energi Nasional (DEN)tentang target bauran EBT di dalam Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang bakal direvisi menjadi sekitar 17-19 persen.

DEN menyusun pembaharuan PP Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional yang menyesuaikan dengan perubahan lingkungan strategis yang selaras dengan komitmen perubahan iklim serta mengakomodasi upaya transisi energi menuju netral karbon 2060.

"Kami masih tetap (di terget 23 persen). Itu kan prediksinya (KEN)," lanjut Arifin.

Arifin mengakui perlu adanya perbaikan-perbaikan dalam upaya mencapai target bauran EBT 23 persen di 2025. Salah satunya dengan menggenjot pembangunan infrastruktur di sektor energi yang secara masif.

Ia menegaskan untuk mempercepat bauran EBT tersebut juga telah disiapkan regulasi maupun pembangunan pembangkit EBT yang sudah direncanakan di rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL).

"Regulasi sekarang yang kita punya ini sudah cukup dan RUPTL juga sudah berdasarkan target capaian itu," ujar Arifin.

Sebelumnya, DEN mengungkapkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) pada 2025 akan direvisi menjadi sekitar 17-19 persen. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan target sebelumnya yang ditetapkan sebesar 23 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA