Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SEB Pertamina Sudah Edukasi 4.685 Siswa terkait Energi Bersih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 31 Januari 2024, 14:48 WIB
SEB Pertamina Sudah Edukasi 4.685 Siswa terkait Energi Bersih
Pertamina turut memberikan bantuan solar panel dalam program Sekolah Energi Berdikari (SEB)/Ist
rmol news logo Pertamina terus mendorong keterlibatan generasi muda dalam mengembangkan energi bersih dan ramah lingkungan melalui program Sekolah Energi Berdikari (SEB) di seluruh Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan, hingga saat ini program SEB telah dijalankan di 10 sekolah di Sumatera, Jawa, Bali, Maluku, dan Papua. Total, sudah ada 4.685 siswa mendapat edukasi energi bersih sejak program ini diinisiasi pada Juni 2023 lalu.

“Ini langkah Pertamina dalam mengimplementasikan ESG (Environmental, Social, and Governance) dan Sustainable Development Goals (SDGs), sekaligus menanamkan kepedulian lingkungan pada generasi muda agar turut aktif berperan untuk mengurangi emisi karbon,” kata Fadjar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/1).

Para siswa SEB mendapatkan edukasi terkait transisi energi dan pemanfaatan energi bersih. Edukasi ini turut melibatkan 230 perwira dan 141 mahasiswa penerima beasiswa sobat bumi pada kegiatan edukasi dan aksi lingkungan.

Program SEB menciptakan inovasi untuk lingkungan sebagai pendorong untuk menunjang predikat sekolah Adiwiyata atau sekolah berbasis lingkungan. Pada saat yang sama, Pertamina memberikan edukasi bagaimana pengelolaan lingkungan dan penanaman pohon produktif di sekolah.

Pertamina juga menyelenggarakan upcycling competition & expo, yakni ruang merdeka  bagi siswa siswi membuat inovasi dan produk dari barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang dengan nilai manfaat dan harga lebih tinggi.

Sebagai wujud nyata penggunaan energi bersih, Pertamina telah memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di setiap SEB dan bantuan solar panel berkapasitas 3,3 kWp dan kapasitas baterai 5 kWh. Total kapasitas PLTS yang sudah terpasang mencapai 33 kWp dengan kapasitas baterai 50 kWh.

Program SEB akan mengurangi emisi karbon sebesar 42.000 kgCo2eq/tahun serta memberikan penghematan sebesar Rp 70 juta per tahun. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA