Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Emiten Milik Prajogo Pangestu Gelar RUPS-LB, Bahas Pengambilalihan 34 Persen Saham Petrosea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 Januari 2024, 08:09 WIB
Emiten Milik Prajogo Pangestu Gelar RUPS-LB, Bahas Pengambilalihan 34 Persen Saham Petrosea
Ilustrasi/Net
rmol news logo Perusahaan batu bara milik taipan Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN), akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada 12 Februari 2024 mendatang.

Dalam RUPS-LB itu akan dibahas rencana pembelian sebanyak 342.925.700 saham PT Petrosea Tbk (PTRO). Pembelian itu setara dengan 34 persen dari modal ditempatkan dan disetor.

Dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (27/1), pembelian saham ini akan dilakukan melalui PT Kreasi Jasa Persada (KJP) yang 99,98 persen sahamnya dimiliki oleh CUAN. KJP membeli saham Petrosea dari PT Caraka Reksa Optima.

Manajemen PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk pekan sebelumnya mengungkapan bahwa nilai transaksi pembelian 34 persen saham Petrosea tersebut adalah Rp940 miliar.

PT Caraka Reksa Optima yang berkantor di Office Park Thamrin Residence, Jakarta Pusat, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan asuransi. Sebanyak 83,73 persen saham perusahaan ini dimiliki oleh PT Sentosa Bersama Mitra.

PT Sentosa Bersama Mitra disebut-sebut sebagai perusahaan investasi milik Hapsoro Sukmonohadi atau Happy Hapsoro, suami Ketua DPR RI sekaligus politikus PDI-Perjuangan, Puan Maharani.

Selain melalui PT Caraka Reksa Optima, PT Sentosa Bersama Mitra juga secara langsung memiliki 18,5 persen saham Petrosea (PPRO).

PT Sentosa Bersama Mitra juga tercatat sebagai pemegang saham di perusahaan PT Rukun Raharja Tbk (RAJA).

Berdasarkan laporan pemegang saham RAJA per Desember 2023 lalu, PT Sentosa Bersama Mitra merupakan pemilik 33,94 persen saham RAJA. Sementara Hapsoro secara langsung merupakan  pemilik 28,51 persen saham RAJA, seperti dikutip dari Iconomics.

RAJA merupakan perusahaan yang memiliki bisnis di bidang infrastruktur gas, perdagangan gas, pembangkit, dan bisnis hulu energi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA