Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kembangkan Teknologi Konversi Energi, Pertamina NRE MoU Bareng Hitachi Energy

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 23 Januari 2024, 19:27 WIB
Kembangkan Teknologi Konversi Energi, Pertamina NRE MoU Bareng Hitachi Energy
Penandatanganan kerja sama Pertamina NRE dan Hitachi Energy Indonesia/Ist
rmol news logo Penandatanganan kerja sama dilakukan Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dengan Hitachi Energy terkait inovasi konservasi energi dan sistem ketenagalistrikan.

Kerja sama tersebut ditandatangani CEO Pertamina NRE, Dannif Danusaputro dan Country Managing Director Hitachi Energy Indonesia, Predrag Grupkovic, Senin (22/1).

Pertamina NRE dan perusahaan teknologi global di bidang ketenagalistrikan itu sepakat melakukan penelitian dan pengembangan solusi inovatif yang dapat diterapkan dalam berbagai sektor, termasuk pengelolaan sumber daya energi dan konservasi energi di lingkungan Pertamina NRE.

"Kerja sama strategis ini mencerminkan komitmen kami meningkatkan efisiensi energi dan mengadopsi teknologi terkini guna mengurangi dampak lingkungan," kata Dannif Danusaputro, Selasa (23/1).

Dannif percaya, kolaborasi keduanya akan memberikan nilai tambah bagi Pertamina NRE dan membawa manfaat besar bagi industri energi di Indonesia. Kerja sama tersebut juga disambut baik Predrag dalam kontribusinya pada pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Kolaborasi ini tentunya akan memberikan kontribusi dalam upaya mitigasi iklim melalui percepatan transisi energi di Indonesia," jelas Predrag.

Predrag menggarisbawahi dukungan perusahaan terhadap komitmen Indonesia dalam mempercepat transisi energi untuk mencapai target pengurangan emisi pada tahun 2060.

"Kami telah mendukung perjalanan Indonesia menuju netralitas karbon, dan kami berharap MoU yang mendorong kolaborasi antara Hitachi Energy dan Pertamina NRE ini akan memberikan kontribusi lebih lanjut dalam transisi energi," tambahnya.

Salah satu fokus utama kerja sama tersebut adalah pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi jejak karbon dalam kegiatan Pertamina NRE.

Hitachi Energy akan melakukan knowledge-sharing terkait topik-topik sistem tenaga listrik dan energi baru dan terbarukan. Di samping itu, juga akan dilakukan studi teknis bersama pada level makro berkaitan energi baru dan terbarukan, sistem tenaga listrik hibrid, kehandalan dan konservasi energi di pembangkit listrik milik Pertamina NRE.

Sementara itu, Vice President PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyebut kerja sama tersebut merupakan komitmen Pertamina dalam meningkatkan dekarbonisasi dari operasional serta mengembangkan transisi energi di Indonesia.

"Sebagai pemimpin dalam transisi energi, kami berupaya mencari inovasi dan peluang baru, termasuk melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai mitra untuk mendorong tercapainya tujuan Net Zero Emission di Indonesia," demikian kata Fadjar. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA