Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua PLTS MIND ID Signifikan Pangkas Emisi Karbon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 19 Januari 2024, 16:18 WIB
Dua PLTS MIND ID Signifikan Pangkas Emisi Karbon
Panel surya/Net
rmol news logo Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi bagian dari komitmen Grup MIND ID dalam mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Seperti PT Bukit Asam Tbk yang berhasil memangkas emisi karbon dengan membangun dua PLTS, yaitu PLTS Jalan Tol Bali Mandara dan PLTS di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta.

Kehadiran dua PLTS itu membuat MIND ID berhasil memangkas emisi 618,5 ton CO2 ekuivalen (tCO2e) di sepanjang Januari hingga Oktober 2023. Angka ini seperti menanam pohon sebanyak 847 batang.

PLTS serupa juga sedang dijajaki di wilayah kerja Grup MIND ID yang lain, yaitu PT Timah.

"MIND ID akan terus berkomitmen untuk meningkatkan optimalisasi operasional pertambangan yang sesuai dengan prinsip good mining practice," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, Jumat (19/1).

Heri menjelaskan bahwa PT Bukit Asam Tbk melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI), akan membangun PLTS untuk mendukung kegiatan operasional PT Timah.

Di satu sisi, PT Bukit Asam Tbk juga akan membangun PLTS irigasi di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim. Termasuk di 5 titik lokasi lain seperti Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), Trimulyo (Pesawaran, Lampung), Tanjung Raja (Muara Enim, Sumatera Selatan), Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan), dan Rejosari Mataram (Lampung Tengah, Lampung). Total kapasitas terpasang 6 (enam) PLTS irigasi ini mencapai 192 kWp. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA