Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ciptakan Green City, Kementerian ESDM Siapkan PLTS 50 Megawatt dan Jaringan Gas di IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 16 Januari 2024, 12:55 WIB
Ciptakan Green City, Kementerian ESDM Siapkan PLTS 50 Megawatt dan Jaringan Gas di IKN
Representative Image, PLTS Cirata/Doc PLN
rmol news logo Dalam upaya mewujudkan Green City di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaporkan bahwa pihaknya telah melaksanakan sejumlah program untuk mewujudkan Kota Hijau pada 2023.

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam konferensi pers menyebut proyek tersebut di antaranya program pembangunan PLTS IKN sebesar 50 MegaWatt (MW) dan Jaringan Gas.

"Beberapa program sudah dilaksanakan antara lain PLTS 10 MW Commercial Operation Date (COD) bulan depan tahun 2024, kemudian juga PLTS 40 MW akan COD di pertengahan tahun 2024, lalu akan dipasang gardu induk PLTS 50 MW," kata Arifin dalam Konferensi Pers Capaian Sektor ESDM Tahun 2023 dan Program Kerja 2024 di Kantornya, Senin (15/1) kemarin.
 
"Pada proyek PLTS 50 MW nantinya pemerintah akan memasang gardu induk (GI) yang transmisinya dapat mencapai 150 kilo Volt (kV)," jelasnya.

PT Perusahaan Listrik Negara Nusantara Power (PLN NP) sebelumnya telah menargetkan fase pertama PLTS sebesar 10 megawatt (MW) dari total kapasitas 50 MW di IKN dapat beroperasi pada Februari tahun ini.
 
Untuk sisanya sebesar 40 MW, ditargetkan beroperasi pada Mei tahun depan, dengan proyek yang dilengkapi sistem penyimpanan energi baterai atau Battery Energy Storage System (BESS).

Nantinya, saat HUT RI 17 Agustus 2024, pasokan listrik di IKN Nusantara akan berasal dari PLTS tersebut.

Pengembangan energi itu digencarkan dengan mengacu pada rencana induk IKN Nusantara untuk menggunakan energi baru terbarukan (EBT).

Bahkan, skema komersialisasi gas bumi IKN juga dikabarkan juga telah disetujui Kementerian ESDM dan Pertamina Group, yang dapat terkoneksi langsung dengan dapur rumah tangga, untuk mengurangi ketergantungan impor LPG. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA