Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seluruh Komoditas Minerba Diharap dapat Masuk ke dalam Aplikasi Simbara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 16 Januari 2024, 10:29 WIB
Seluruh Komoditas Minerba Diharap dapat Masuk ke dalam Aplikasi Simbara
Menteri ESDM, Arifin Tasrif saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM pada 15 JanuariĀ 2024/RMOL
rmol news logo Seluruh komoditas dari mineral dan batu bara (minerba) diharapkan dapat segera terintegrasi ke dalam aplikasi Sistem Informasi Mineral dan Batubara antara Kementerian dan Lembaga (Simbara).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, mengatakan Simbara memiliki sejumlah manfaat di antaranya dapat mengoptimalisasikan anggaran di sektor minerba.

"Kita miliki sistem Simbara, nikel dan timah bisa masuk dalam sistem, kita harap seluruh komoditas bisa diintegrasikan dalam Simbara itu," jelas Arifin dalam konferensi pers, Senin (15/1).

Aplikasi Simbara sendiri merupakan aplikasi yang diluncurkan Maret 2022 lalu, yang digunakan untuk mengawasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan tata niaga Minerba.

Aplikasi tersebut mencakup satu sistem yang mengelola Minerba dari hulu ke hilir, termasuk proses perencanaan penambangan, pengolahan pemurnian, dan penjualan komoditas minerba, serta pemenuhan kewajiban pembayaran penerimaan negara dan clearance ke pelabuhan.

"Upaya itu untuk mengoptimalkan anggaran, kinerja yang tersambung antar lembaga, meningkatkan kualitas pelayanan, serta satu data minerba," sambungnya.

Menurut Arifin, sistem tersebut sangat dibutuhkan dalam sektor Minerba, agar tidak terjadi simpang siur informasi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA