Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia dan Vietnam Naikkan Target Perdagangan Sebesar Rp 233 Triliun Tahun 2028

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 13 Januari 2024, 15:25 WIB
Indonesia dan Vietnam Naikkan Target Perdagangan Sebesar Rp 233 Triliun Tahun 2028
Presiden RI, Joko Widodo dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh saat bertemu di Hanoi pada Jumat, 12 Januari 2024/Net
rmol news logo Setelah berhasil meraih target kerja sama perdagangan bilateral di tahun 2023 sebesar 10 miliar dolar AS atau Rp 155 triliun, kini Indonesia dan Vietnam sepakat menaikkan targetnya untuk lima tahun ke depan.

Keputusan itu diambil selama pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh di Hanoi pada Jumat (12/1).

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam konferensi pers setelah kunjungan Jokowi ke Vietnam mengatakan bahwa kedua pemimpin telah sepakat untuk meningkatkan target perdagangan menjadi 15 miliar dolar AS atau Rp 233 triliun.

"Kedua pemimpin menyampaikan bahwa target perdagangan ke depan adalah lebih tinggi dari 15 miliar dolar AS pada tahun 2028," ungkap Retno.

Dijelaskan Menlu, peningkatan target merupakan bagian dari komitmen Vietnam dan Indonesia untuk terus meningkatkan perdagangan serta meningkatkan perluasan akses pasar dan pengurangan hambatan perdagangan.

Kemudian di bidang investasi, kata Menlu, Presiden RI telah meminta PM Vietnam untuk kondusif yang mengutamakan aspek pelindungan terhadap investor kedua negara.

"Ini menunjukkan keberpihakan Bapak presiden terhadap para Investor Indonesia yang melakukan kegiatan di luar negeri," komentar Menlu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA