Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Nataru, Konsumsi BBM Pertalite Diprediksi Naik 4 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 19 Desember 2023, 17:07 WIB
Jelang Nataru, Konsumsi BBM Pertalite Diprediksi Naik 4 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Konsumsi harian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite diproyeksi akan mengalami kenaikan sebesar 4 persen jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Anggota Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas),  Saleh Abdurrahman, mengatakan bahwa kenaikan tersebut akan meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Itu kami proyeksikan kenaikan gasoline atau Pertalite itu sekitar 4 persen selama periode Nataru. Sebaliknya untuk Solar itu, kita perkirakan turun karena umumnya kan kegiatan niaga berkurang selama libur ya kan, tapi masyarakat lebih banyak melakukan kegiatan perjalanan," kata Saleh, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (19/12).

Adapun konsumsi BBM Pertalite harian diketahui mencapai 82.401 kilo liter per hari dalam kondisi normal, yang berarti selama periode Nataru, konsumsi harian Pertalite meningkat lebih dari 82 ribu kl.

Untuk itu, dalam mengantisipasi lonjakan kebutuhan Pertalite, BPH Migas sendiri telah menyiapkan beberapa Posko Nataru yang telah mulai berlaku sejak (15/12) hingga (8/1) mendatang.

BPH migas juga bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) telah menyiapkan SPBU Siaga 24 jam di lebih 1.200 titik seluruh Indonesia, serta lebih dari 200 motoris SPBU di area jalan tol.

Selain itu, regulator hilir juga telah menyiapkan kios-kios Pertamina maupun SPBU modular, atau SPBU mini, untuk daerah-daerah yang selama ini mengalami lonjakan permintaan BBM. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA