Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kementerian BUMN Kembali Gelar Bazar, Ratusan UMKM Mejeng di Sarinah hingga 3 Desember 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 01 Desember 2023, 22:22 WIB
Kementerian BUMN Kembali Gelar Bazar, Ratusan UMKM Mejeng di Sarinah hingga 3 Desember 2023
Salah satu UMKM saat mengenalkan produk kepada pengunjung di Gedung Sarinah, Jumat, 1 Desember 2023/RMOL
rmol news logo Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menggelar Bazar UMKM untuk Indonesia di Gedung Sarinah, Jakarta mulai Kamis (30/11) hingga Minggu (3/12).

Dalam rangkaian bazar yang diselenggarakan untuk ke-11 kalinya di 2023 ini, kali ini Kementerian BUMN menggandeng PT Pelindo dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan bekerja sama dengan PT. Debindomulti Adhiswasti untuk menyelenggarakan bazar tersebut.

Adapun ratusan UMKM binaan pilihan Pelindo dan BRI dihadirkan dalam bazar ini, dengan 89 UMKM di antaranya hasil binaan Pelindo dan 130 UMKM lainnya hasil binaan BRI yang terpilih untuk berpartisipasi mempromosikan  produknya di acara tersebut.

Sejumlah produk-produk yang disajikan UMKM dalam bazar itu pun sangat bervariasi, yang terdiri dari produk kecantikan, fesyen, kriya hingga kuliner, yang terpilih berdasarkan hasil bantuan kurasi dari pihak Sarinah.

Dikatakan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, proses kurasi didasarkan pada omzet tertinggi, frekuensi atau trafik transaksi tertinggi, serta UMKM dengan kriteria kreatif yang juga dinilai oleh masing-masing BUMN.

Loto berharap, dengan diadakannya bazar kali ini, hal itu membantu memperluas pasar UMKM sehingga pendapatan pelaku usaha itu bisa semakin meningkat ke depannya.

"Ini adalah Bazar UMKM untuk Indonesia yang terakhir kali (di tahun ini) sehingga pada kali ini kami berterima kasih juga untuk dukungan dari BRI dan Pelindo yang membuat event ini menjadi meriah dan juga harapannya semua event ini bermanfaat khususnya untuk UMKM," kata Loto saat konferensi pers pembukaan bazar, pada Jumat (1/12).

Ke depannya, Kementerian BUMN juga akan memperluas penyelenggaraan bazarnya di sejumlah kota yaitu Bandung, Medan, Balikpapan, Bali, Makassar, Labuan Bajo dan Jayapura.

Nantinya, Kementerian BUMN itu juga akan memberikan apresiasi kepada penyelenggara bazar terbaik di tahun depan.

"Harapannya nanti di tahun 2024, di bazar yang pertama, kami akan umumkan siapa penyelenggara bazar terbaik di tahun 2023 ini," pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan itu Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman, Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Riefky Yuswandi, Wakil Direktur Utama Pelindo, Hambra, Aestika Oryza Gunarto, SEVP Fixed Asset Management and Procurement BRI, dan Direktur Utama Sarinah, Fetty Kwartati. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA