Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Investor Desak OpenAI Kembalikan Posisi Sam Altman sebagai CEO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 20 November 2023, 08:12 WIB
Investor Desak OpenAI Kembalikan Posisi Sam Altman sebagai CEO
CEO Microsoft Satya Nadella, kanan, berbicara di atas panggung bersama Sam Altman pada acara OpenAI DevDay pada November 2018/Net.
rmol news logo Pemecatan tiba-tiba Sam Altman sebagai CEO oleh OpenAI dikecam keras oleh investor perusahaan tersebut.

Pihak-pihak yang mengetahui masalah tersebut mengatakan para pemodal telah mendesak perusahaan untuk mengembalikan Altman yang dipecat pada Jumat (17/11) ke posisinya lagi.

"Microsoft Corp. (MSFT), pendukung startup terbesar dengan kepemilikan lebih dari 10 miliar dolar AS bekerja sama dengan investor termasuk Thrive Capital dan Tiger Global Management, untuk menghadirkan kembali Altman (ke posisinya semula)," kata orang yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (19/11).

"Sebagai bagian dari upaya untuk mengembalikan CEO, investor juga mendesak penggantian dewan direksi saat ini," kata sumber tersebut.  

Dewan OpenAI telah menjadi sasaran kritik keras atas keputusannya memecat Altman, yang mengejutkan investor dan Altman sendiri. Greg Brockman, Presiden OPenAI, juga mengecam pemecatan Altman dan menyatakan mundur dari jabatannya.

Selama bertahun-tahun ia berupaya keras untuk mengubah perusahaannya dari organisasi nirlaba menjadi bisnis yang sukses secara komersial, dan merupakan kekuatan pendorong di balik alat-alat baru yang merevolusi cara orang menyelesaikan tugas mulai dari pekerjaan rumah hingga coding.

Thrive, investor OpenAI terbesar selain Microsoft, berupaya untuk mengembalikan Altman dan Greg Brockman. Ia belum mentransfer uangnya, dan menjelaskan kepada OpenAI bahwa kepergian Altman akan mempengaruhi rencananya.

Beberapa sumber telah mengatakan bahwa Altman terbuka untuk kembali ke perusahaan. Namun, mereka mengatakan jika dia kembali, Altman akan meminta perubahan dalam cara pengelolaan perusahaan.

"CEO Microsoft Satya Nadella telah menghubungi Altman dan berjanji untuk mendukungnya dalam langkah apa pun yang diambilnya selanjutnya," kata sumber tersebut.  

Beberapa karyawan, termasuk salah satu pendiri OpenAI, Brockman, telah meninggalkan perusahaan sebagai protes atas pemecatan Altman.  

"Pengunduran diri kemungkinan akan terus berlanjut," kata sumber tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA