Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut SNI Awards, Menko Airlangga: Standardisasi Berperan pada Peningkatan Mutu Produk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 17 November 2023, 11:45 WIB
Sambut SNI Awards, Menko Airlangga: Standardisasi Berperan pada Peningkatan Mutu Produk
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech secara daring pada acara SNI Award 2023, Kamis, 16 November 2023/Ist
rmol news logo Standardisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas produk yang berdaya saing tinggi.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech secara daring pada acara Standar Nasional Indonesia (SNI) Award 2023, Kamis (16/11).

Airlangga mengatakan standardisasi tidak hanya dipandang sebagai alat penjaminan kualitas, tetapi juga sebagai bagian integral dari Infrastruktur Mutu Nasional.

“Standardisasi berperan terutama setelah ditetapkannya lebih dari 14.817 SNI oleh Badan Standardisasi Nasional,” kata Airlangga, seperti dikutip dari laman Kemenko, Jumat (17/11).

Saat ini, lebih dari 2.998 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) dikabarkan telah aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan terkait standardisasi, termasuk pengujian, inspeksi, dan sertifikasi.

Menyoroti International Organization for Standardization (ISO), dikatakan Airlangga, terdapat empat faktor pendorong perubahan yang akan memengaruhi standardisasi di masa depan, di antaranya faktor ekonomi seperti evolusi sistem perdagangan, model bisnis baru, dan saling ketergantungan dalam global supply chain.

Selain itu, munculnya faktor teknologi seperti perkembangan AI dan teknologi lainnya, perubahan demografi dan populasi, serta faktor lingkungan yang mencakup perubahan iklim, bencana alam, dan penipisan cadangan sumber daya alam, yang disebut dapat mempengaruhi efisiensi dan produktivitas,

“Faktor-faktor ini akan memengaruhi standardisasi ke depan sehingga perlu diantisipasi oleh para stakeholder terkait,” sambung Menko Airlangga.

Sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, Pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur nasional, hilirisasi, dan mendukung pengembangan kendaraan listrik. Upaya konkrit lainnya termasuk memberikan kemudahan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperoleh sertifikat standar.

Untuk itu, penganugerahan SNI Award ini disebut sebagai inisiatif untuk mendorong penerapan SNI oleh para pelaku usaha. Melalui SNI Award, diharapkan produsen, konsumen, dan masyarakat akan semakin menghargai dan mengakui pentingnya mutu produk.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyampaikan selamat kepada para peraih penghargaan SNI Award dan berharap penghargaan tersebut akan mendorong semangat serta dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik dari para pelaku usaha lainnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA