Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Apical Pertahankan Posisi Tiga Teratas di SPOTT 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 17 November 2023, 10:44 WIB
Apical Pertahankan Posisi Tiga Teratas di SPOTT 2023
Ilustrasi/Net
rmol news logo Apical kembali menunjukkan pencapaiannya sebagai salah satu dari tiga perusahaan minyak sawit paling berkelanjutan dan transparan secara global.

Baru-baru ini, perusahaan pengolah minyak nabati terkemuka di dunia itu berhasil meraih posisi kedua dalam penilaian Sustainable Palm Oil Transparency Toolkit (SPOTT) 2023, dengan meningkatkan skornya lebih dari 4 persen menjadi 95,3 persen. Angka ini merupakan tolok ukur penerapan prinsip keberlanjutan dan praktik bisnis yang bertanggung jawab.

SPOTT mengevaluasi 100 produsen, pengolah, dan pedagang minyak sawit berdasarkan 186 indikator spesifik sektor yang mencakup sepuluh kategori. Entitas-entitas ini diberi skor persentase yang dapat membantu untuk memantau kemajuan mereka dari waktu ke waktu.

Dalam evaluasi komprehensif oleh Zoological Society of London (ZSL) yang mencakup lebih dari 100 perusahaan kelapa sawit, Apical secara konsisten menunjukkan kinerja yang patut dicontoh dalam praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), melampaui rata-rata industri sebesar 47,2 persen.

Hal yang perlu mendapat perhatian khusus adalah kinerja Apical yang luar biasa dalam kategori-kategori seperti Deforestasi dan Keanekaragaman Hayati, Komunitas, Hak Tanah dan Buruh, serta Petani Kecil dan Pemasok, yang memperoleh skor sempurna sebesar 100 persen.

Director of Sustainability Apical Group, Bremen Yong, mengatakan bahwa peningkatan skor SPOTT 2023 menggarisbawahi komitmen teguh mereka terhadap transparansi, pengelolaan lingkungan, serta tanggung jawab sosial dan etika.

"Pencapaian ini menjadi motivasi untuk lebih menerapkan praktik terbaik ESG yang efektif yang dikemas dalam Apical 2030, selaras dengan komitmen kami terhadap rantai pasokan yang berkelanjutan dan bebas deforestasi,” ujarnya, dalam keterangan yang dikutip Jumat (17/11).

Apical2030 adalah komitmen perusahaan yang menekankan pada upaya menciptakan dampak positif jangka panjang terhadap lingkungan, iklim, dan komunitas. Apical 2030, yang dirancang untuk meningkatkan dampak positif secara sosial, lingkungan hidup, dan bisnis, memiliki target yang berfokus pada empat pilar target strategis keberlanjutan bisnis, yakni emitraan yang transformatif, aksi iklim, inovasi hijau dan kemajuan yang inklusif.

Bremen meyakini Apical2030 dapat menjadi katalis perubahan transformatif, mendorong praktik berkelanjutan yang bermanfaat bagi lingkungan, iklim, dan masyarakat.

Selama tiga tahun berturut-turut, Apical berhasil bertahan di posisi tiga teratas dalam penilaian SPOTT di antara perusahaan-perusahaan kelapa sawit di seluruh dunia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA