Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di KTT APEC, Jokowi Sambut Pembentukan ASEAN Caucus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 16 November 2023, 16:41 WIB
Di KTT APEC, Jokowi Sambut Pembentukan ASEAN Caucus
Presiden RI, Joko Widodo saat berbicara di acara ABAC ASEAN Caucus Day yang digelar di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu, 15 November 2023/Setkab
rmol news logo ASEAN merupakan salah satu kawasan yang memiliki modal kuat untuk menjadi pusat pertumbuhan dunia, yang suaranya dapat didengar, termasuk dalam KTT APEC.

Begitu yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat menyoroti peran ASEAN di masa depan dalam sambutannya pada acara ABAC ASEAN Caucus Day yang digelar di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu (15/11).

“Stabilitas kawasan yang selalu terjaga di kawasan ASEAN merupakan sebuah kekuatan. Inilah aset penting yang memungkinkan suara ASEAN dapat didengar lebih keras di berbagai forum termasuk di APEC,” kata Jokowi, seperti dikutip dari laman Setkab, pada Kamis (16/11).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyambut baik pembentukan ASEAN Caucus untuk memperkuat sentralitas ASEAN dalam APEC Business Advisory Council.

“Saya harap melalui forum ini kemitraan pemerintah dan bisnis dapat menjadi makin sinergi,” sambungnya.

Presiden juga menyampaikan pandangannya terhadap sejumlah bidang yang dapat menjadi fokus ASEAN Caucus. Pertama dalam hal percepatan transisi energi. Dikatakan Jokowi, ASEAN telah sepakat untuk menjadi global hub industri untuk kendaraan listrik.

“Caucus ASEAN dapat menjadi bagian penting untuk memperkuat inisiatif ini. Di sisi lain transisi energi juga membutuhkan dukungan investasi, dukungan teknologi di mana prakarsa Indo-Pacific Impact Fund itu dapat memiliki peran yang signifikan,” ujarnya.

Selain itu, fokus lain yang juga penting yaitu mengenai pencapaian netralitas karbon. Menurut Jokowi, di masa depan perekonomian harus tetap berkembang, yang harus diiringi dengan komitmen ASEAN untuk menjaga lingkungan.

“ASEAN juga telah menyepakati strategy for carbon neutrality. Indonesia juga menargetkan net zero pada 2060 di mana pencapaian target tersebut butuh kerja sama konkret khususnya di sektor pemerintah dan bisnis yang dapat dijembatani oleh ASEAN Caucus,” lanjutnya.

Terakhir, Kepala Negara juga mendorong peran aktif ASEAN Caucus dalam mendukung komitmen ASEAN untuk mempercepat implementasi pembayaran digital melalui kerja sama lembaga-lembaga keuangan.

“Saya yakin kaukus ASEAN juga dapat berperan dalam inisiatif ini,” pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA