Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Uno: Devisa Pariwisata Capai Rp 92 Triliun di Kuartal III 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 16 November 2023, 12:05 WIB
Sandiaga Uno: Devisa Pariwisata Capai Rp 92 Triliun di Kuartal III 2023
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno/Net
rmol news logo Nilai devisa pariwisata dalam negeri pada kuartal III 2023 diklaim telah mencapai 6 miliar dolar AS atau senilai Rp 92 triliun.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dengan mengatakan capaian tersebut telah melampaui target pemerintah, yakni sekitar 2,7 miliar dolar hingga 5,95 miliar dolar.

Menurut Sandi, sektor pariwisata mempunyai andil sebesar 3,76 persen terhadap pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia.

"Untuk nilai devisa pariwisata mencapai lebih dari 6 miliar dolar, dengan kontribusi PDB pariwisata sebesar 3,76 persen," ujar Sandi, seperti dikutip pada Kamis (16/11).

Lebih lanjut, untuk jumlah wisatawan mancanegara, Sandi mencatat pada September 2023, wisatawan telah mencapai 8,51 juta kunjungan.

Meningkatnya nilai devisa dan jumlah kunjungan di dalam negeri, hal tersebut dapat menghidupkan kembali sektor pariwisata di mana jutaan masyarakat Indonesia bergantung dalam sektor itu.

Berdasarkan data dari Kemenparektraf, sektor pariwisata dan ekraf menyerap lebih dari 45 juta tenaga kerja, dengan 21,93 juta tenaga kerja berasal dari sektor pariwisata dan 24,34 tenaga kerja di sektor ekraf. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA