Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IHSG Diprediksi Capai Level 7.700 di Tahun Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 03 November 2023, 09:44 WIB
IHSG Diprediksi Capai Level 7.700 di Tahun Politik
Ilustrasi/Net
rmol news logo Menjelang pemilihan umum (pemilu) di dalam negeri, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2024 diperkirakan akan mencapai level 7.700.

Menurut Chief Investment Officer Sinarmas Asset Management, Genta Wira Anjalu, transisi politik dan konflik geopolitik menjadi kontributor utama yang membuat bursa Indonesia bergerak volatil.

“IHSG di 2024 kita menargetkan IHSG di 7.700 dengan sektor konsumsi dan telekomunikasi yang menjadi fokus utama kita,” ujar Genta dalam Webinar “Road to 2024: Market Outlook” pada Kamis (2/11).

Sama seperti pemilu sebelumnya, pemilu kali ini, menurut Genta akan cenderung membawa hal positif bagi IHSG, karena dipicu oleh para investor yang biasanya banyak melakukan investasi di tahun politik.

“Secara sejarah untuk IHSG memang cenderung positif di pemilu-pemilu sebelumnya di 2009 enam bulan sebelum pemilu itu ada kenaikan sebesar 47 persen dan tiga bulan sebelum 35 persen,” jelasnya.

Selain pemilu 2009, pola penguatan IHSG juga terlihat pada pemilu 2014 di mana enam bulan sebelum pemilihan, IHSG mampu tumbuh 9,7 persen dan tiga bulan sebelumnya tumbuh hingga 15,7 persen.

Sementara pada pemilu 2019, IHSG pun masih mengalami pertumbuhan yang positif meskipun lebih kecil dibandingkan dua pemilu sebelumnya, dengan pada enam bulan sebelum pemilu mampu menguat 10,9 persen, namun di tiga bulan sebelum pemilu hanya mampu menguat 0,5 persen.

Ganta ia kemudian memprediksi bahwa target IHSG di 2024 akan berada pada level 7.700. Meski terbilang cukup konservatif, hal ini, kata Ganta terjadi karena merefleksikan rasio price earning (PE) yang terdorong ke 13,1 kali pada standar deviasi minus satu, dengan perkiraan pertumbuhan laba sebesar 10 persen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA