Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Omset Perdagangan Vietnam-Thailand Diperkirakan Mencapai 25 Miliar Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 26 Oktober 2023, 12:31 WIB
Omset Perdagangan Vietnam-Thailand Diperkirakan Mencapai 25 Miliar Dolar AS
Perdana Menteri Ph?m Minh Chính bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Thailand dan Menteri Luar Negeri Parnpree Bahiddha-Nukara di Ha Noi pada Rabu/Net
rmol news logo Merayakan 10 tahun kemitraan strategis, omset perdagangan Vietnam dan Thailand tahun ini diperkirakan mencapai 25 miliar dolar AS.

Hal ini terungkap dalam pembicaraan antara Perdana Menteri Vietnam Ph?m Minh Chinh dan Wakil Perdana Menteri Thailand merangkap Menteri Luar Negeri Parnpree Bahiddha-Nukara selama kunjungan resminya ke Vietnam pada Rabu (25/10) waktu setempat.

Memuji pencapaian sosio-ekonomi Vietnam, Bahiddha-Nukara percaya bahwa kedua negara mempunyai ruang untuk kerja sama lebih lanjut.

"Thailand memandang Vietnam sebagai salah satu mitra utama di kawasan," katanya, seperti dikutip dari Vietnam News, Kamis (26/10).

Sementara itu PM Chinh menyatakan kegembiraannya atas penguatan kemitraan strategis, terutama melalui pertukaran delegasi tingkat tinggi dan mekanisme kerja sama bilateral.

Ia juga menyarankan kedua belah pihak mengadakan pertemuan komite bersama mengenai kerja sama bilateral, serta implementasi rencana aksi untuk meningkatkan kemitraan strategis untuk tahun 2022-2027.

"Kedua negara juga harus mendorong perdagangan dan investasi, khususnya inisiatif tiga hubungan antara rantai pasokan, antar industri, daerah dan dunia usaha, antara strategi pertumbuhan berkelanjutan dan hijau, serta bidang-bidang baru seperti transformasi digital dan energi ramah lingkungan," kata Chinh.

Bahiddha-Nukara menanggapi dengan mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan Thailand percaya pada potensi lingkungan investasi di Vietnam dan berharap untuk memperluas operasi mereka.

Ia meminta Pemerintah Vietnam terus mendukung investor Thailand dalam merealisasikan proyek-proyek di seluruh Vietnam, termasuk proyek-proyek di sektor energi.

Menteri juga mengatakan bahwa Thailand akan berkoordinasi lebih erat dengan Vietnam dalam mekanisme kerja sama regional dan multilateral, termasuk Subkawasan Mekong dan penggunaan serta pengelolaan sumber air berkelanjutan di wilayah ini.

"Thailand akan terus bekerja sama dengan Vietnam dan negara-negara ASEAN lainnya dalam semangat solidaritas, mempromosikan peran sentral dan pendirian ASEAN dalam isu-isu penting, seperti isu Laut Timur (dikenal secara internasional sebagai Laut Cina Selatan)," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA