Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dirut PLN: Komoditi Kopi Berkontribusi Menjaga Pertumbuhan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 23 Oktober 2023, 09:45 WIB
Dirut PLN: Komoditi Kopi Berkontribusi Menjaga Pertumbuhan Ekonomi
Pameran Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2023/Net
rmol news logo Komoditi kopi memiliki nilai dan kontribusi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi. Untuk itulah PLN berkomitmen untuk menjamin keberlanjutannya.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat mengungkapkan kesuksesan pameran Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2023 yang berlangsung pada 12-15 Oktober lalu.
 
Selama 4 hari pameran berlangsung, para UMKM binaan PLN berhasil mencatatkan penjualan mencapai Rp 26,3 juta serta potensi pembelian produk kopi dari pemesanan potensial buyer sebesar Rp 4,3 miliar.

Dalam acara ini, PLN menghadirkan 3 perwakilan UMKM mitra binaan, yaitu MJ Coffee perwakilan Rumah BUMN PLN Padangsidimpuan, Kepahiang Coffee dari Rumah BUMN PLN Kepahiang, dan Virgil Coffee dari Rumah BUMN PLN Ende. Ketiganya berasal dari unit PLN yang tersebar di beberapa wilayah.

MJ Coffee, misalnya, adalah perwakilan Rumah BUMN PLN Padangsidempuan di bawah naungan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara. Kepahiang Coffee, perwakilan Rumah BUMN PLN Kepahiang dari PLN UID Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu. Sementara Virgil Coffee, perwakilan Rumah BUMN PLN Ende berasal dari PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur.

Darmawan memaparkan, PLN sebagai BUMN mengedepankan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menjalankan proses bisnisnya. Salah satunya melalui komitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM sebagai salah satu pilar penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dukungan PLN kepada UMKM di antaranya berupa pendampingan untuk memperluas pasar, peningkatan daya saing serta memfasilitasi berbagai pengetahuan, skill dan pengalaman baru dari para pelaku usaha," ujar Darmawan, seperti dikutip dari laman resmi BUMN, Senin (22/10).

Selama pameran, booth Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan PLN berhasil menarik minat banyak pengunjung.

Tingginya animo pengunjung ke booth PLN ini juga dimanfaatkan PLN untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait inovasi produk PLN, salah satunya adalah aplikasi PLN Mobile.

Fitur Marketplace pada aplikasi PLN Mobile menjadi sarana bagi UMKM mitra binaan PLN untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar dengan potensi market mencapai lebih dari 44 juta pengguna. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA